Calon Suami Melanie Putria Kena Tumor Otak, Yuk Kenali 14 Tanda-tandanya

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 06 Januari 2022 12:55 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 06 481 2528244 calon-suami-melanie-putria-kena-tumor-otak-yuk-kenali-14-tanda-tandanya-InrwDvPYAg.jpeg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

CALON suami Melanie Putria, Aldico Sapardan, dikabarkan mengidap tumor otak dan harus menjalani operasi pengangkatan. Mantan istri Angga Puradiredja ini menyebut, baru mengetahui ada tumor yang bersarang di bagian otak Aldico.

Lewat unggahannya, ibu satu anak ini mengatakan, Aldico yang juga seorang dokter, bersikap cukup tenang saat mengetahui bahwa ia akan menghadapi operasi pengangkatan tumor hari ini. Meski tetap ada perasaan khawatir mengingat kurang dari dua bulan lagi keduanya akan menggelar pesta pernikahan.

Tumor otak sendiri adalah kondisi ketika pertumbuhan sel abnormal pada otak seseoran terjadi. Tumor otak dapat dimulai di otak (tumor otak primer), sementara kanker dapat dimulai di bagian lain dari tubuh dan menyebar ke otak sebagai tumor otak sekunder (metastasis). Seberapa cepat tumor otak tumbuh bisa sangat bervariasi.

Tingkat pertumbuhan serta lokasi tumor otak menentukan bagaimana hal itu akan mempengaruhi fungsi sistem saraf. Pilihan pengobatan tumor otak tergantung pada jenis tumor otak yang dimiliki, serta ukuran dan lokasinya.

Tumor OTak

Merangkum dari Mayo Clinic, oleh sebab itu masyarakat harus waspada dan berhati-hati jika menemukan tanda maupun gejala yang mengarah pada tumor otak. Adapun tanda dan gejala tumor otak meliputi:

1. Onset baru atau perubahan pola sakit kepala.

2. Sakit kepala yang berangsur-angsur menjadi lebih sering dan lebih parah.

3. Mual atau muntah yang tidak dapat dijelaskan.

4 .Masalah penglihatan, seperti penglihatan kabur, penglihatan ganda atau kehilangan penglihatan tepi.

5. Hilangnya sensasi atau gerakan secara bertahap di lengan atau kaki.

6. Mengalami kesulitan dengan keseimbangan.

7. Kesulitan bicara.

8. Merasa sangat lelah.

9. Kebingungan dalam masalah sehari-hari.

10. Kesulitan membuat keputusan.

11. Ketidakmampuan untuk mengikuti perintah sederhana.

12. Perubahan kepribadian atau perilaku.

13. Kejang, terutama pada seseorang yang tidak memiliki riwayat kejang.

14. Masalah pendengaran.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini