Share

Ternyata Ekstrak Buah Zaitun Bantu Pengobatan Pasien HIV Loh

Hasyim Ashari, MNC Portal · Kamis 06 Januari 2022 10:09 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 06 612 2528080 ternyata-ekstrak-buah-zaitun-bantu-pengobatan-pasien-hiv-loh-kML31EgfKv.jpeg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

BUAH zaitun memang biasa diambil ekstraknya untuk digunakan dalam berbagai hal, mulai dari kesehatan hingga kecantikan. Tapi, bukan hanya buahnya saja yang memiliki banyak manfaat, tetapi juga daunnya.

Daun pohon zaitun pun menjadi bagian dari makanan orang-orang di wilayah Mediterania dan dalam pengobatan tradisional. Daun zaitun mengandung nutrisi polifenol utama, seperti oleacein dan oleuropein.

Penelitian menunjukkan bahwa kandungan itu dapat membantu melindungi dari berbagai kondisi, seperti penyakit jantung dan kanker. Berikut 5 manfaat kesehatan ekstrak daun zaitun dikutip dari Stylecraze.

Zaitun

Dapat turunkan hipertensi dan Penyakit Jantung

Daun zaitun mengandung senyawa seperti fenolik atau biasa disebut dengan oleuropein. Kandungan tersebut sekitar 6 hingga 9 persen dari bahan kering daun zaitun. Semakin tinggi konsentrasi oleuropein, semakin besar sifat antioksidannya.

Ekstrak kaya oleuropein ini meningkatkan fungsi pembuluh darah dengan mengurangi kekakuan pada arteri. Pengamatan ini menyoroti sifat kardioprotektif dan anti-inflamasi dari ekstrak daun zaitun.

Mengkonsumsinya setiap hari dapat menurunkan aterosklerosis, stroke, serangan jantung, penyakit, tekanan darah (hipertensi), dan penyakit kardiovaskular lainnya.

Dapat memerangi infeksi HIV

Infeksi HIV memicu ekspresi gen yang mengendalikan kematian sel (apoptosis), stres, dan kerusakan DNA. Mengonsumsi ekstrak daun zaitun dapat membalikkan beberapa perubahan seperti yang disebabkan oleh infeksi HIV.

Perawatan ekstrak daun zaitun dapat memperbaiki kinerja sel yang berbeda pada sel yang terinfeksi. Selain itu, daun zaitun juga dapat menghambat penularan HIV dari sel ke sel, yang merupakan langkah penting dalam siklus hidup virus.

Mengobati penyakit kulit, luka dan jerawat

Kandungan Oleuropein dalam ekstrak daun zaitun berfungsi sebagai nutrisi anti-inflamasi dan antioksidan. Nutrisi tersebut merangsang sintesis serat kolagen dan menghambat infiltrasi sel. Selain itu ekstrak daun zaitun juga dapat menangkal radikal bebas dan mempercepat penyembuhan luka.

Mengonsumsi ekstrak daun zaitun dua sampai tiga kali sehari dapat mengurangi jerawat secara signifikan.

Membantu penurunan berat badan 

Ekstrak daun zaitun dapat mengatur eksresi gen yang terlibat dalam akumulasi lemak di tubuh Anda. Tak hanya itu, daun zaitun juga dapat mengurangi asupan makanan sebesar 26 persen.

Pengurangan lemak visceral ini dapat menyebabkan penurunan kadar asam lemak bebas (FFA) plasma. Selain itu, daun zaitun juga mengandung nutrisi hidrositirosol, luteolin, dan asam caffeic yang dapat membantu penurunan berat badan yang sehat.

Mengurangi peradangan

Ekstrak daun zaitun mengandung oleuropein, oleuropeoside, dan polifenol lainnya. Bahan kimia ini dapat membantu mengelola penyakit radang seperti kolitis, penyakit radang usus (IBD), rheumatoid arthritis, dan osteoarthritis.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini