Share

Ternyata Ini Manfaat Rajin Membasuh Punggung saat Mandi

Tim Okezone, Okezone · Kamis 06 Januari 2022 15:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 06 612 2528312 ternyata-ini-manfaat-rajin-membasuh-punggung-saat-mandi-xc0TiGWZAc.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

MANDI memang menjadi salah satu kegiatan rutin yang dilakukan banyak orang. Selain untuk membersihkan diri, mandi juga menjadi salah satu cara untuk menyegarkan diri.

Tapi, apakah Anda sering membasuh punggung saat mandi? Nah, sebeneranya menyisihkan waktu 30 detik sehari untuk menggosok punggung saat mandi bermanfaat bagi kesehatan Anda.

Pasalnya, membasuh punggung melibatkan empat gerakan bahu untuk melakukan lebih dari sekadar menjaga punggung Anda tetap bersih tetapi berperan dalam mobilitas bahu Anda.

Hal ini memainkan peran besar dalam kemampuan Anda untuk bergerak dengan baik dan hidup mandiri seiring bertambahnya usia, menurut terapis fisik di Bespoke Treatments, Seattle, Phillip Higgins, DPT seperti dikutip Antara dari Livestrong.

Mandi

Ketika Anda tidak secara teratur menggunakan, maka persendian mungkin mulai terasa kencang atau bahkan terasa sakit ketika mencoba melakukan hal-hal yang melibatkan pencapaian di atas atau di belakang Anda.

"Hal lain yang sangat penting untuk diketahui tentang mobilitas bahu yakni itu sangat berperan dalam mobilitas dan nyeri leher," kata Theresa Marko, pendiri Marko Physical Therapy di New York City.

Ketika bahu Anda kencang dan sulit untuk diangkat ke atas, maka ini dapat memengaruhi kemampuan Anda untuk meregangkan tulang belakang sepenuhnya dan duduk tegak dengan postur yang tepat. Hal ini dapat menyebabkan posisi leher miring yang menyebabkan leher kaku dan nyeri.

Jadi, luangkanlah waktu untuk membersihkan punggung Anda. Angkat satu tangan di atas bahu Anda dan letakkan di punggung atas, lalu gosok ke bawah sejauh yang Anda bisa dengan nyaman selama beberapa detik.

Selanjutnya, jatuhkan siku Anda ke samping, letakkan tangan Anda di punggung bawah dan naik ke atas. Kemudian ganti lengan dan ulangi untuk ukuran yang baik.

Manfaat lain dari gerakan ini yakni membantu Anda mengawasi mobilitas Anda. Saat mulai melakukan gerakan mobilitas sederhana ini setiap kali mandi, Anda akan mulai memperhatikan jika dan kapan tidak dapat mencapai sejauh yang Anda biasa lakukan.

Teruslah berlatih, tetapi jangan dipaksakan. Berfokuslah untuk bergerak sejauh yang Anda bisa dengan nyaman, dan pertahankan, menurut spesialis

kekuatan dan pengkondisian bersertifikat, K. Aleisha Fetters, CSCS.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini