Program Vaksin Booster, Akankah Jadi Aturan Wajib?

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 07 Januari 2022 07:50 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 07 481 2528630 program-vaksin-booster-akankah-jadi-aturan-wajib-8AY2DecDHO.jpg Vaksin Covid-19 (Foto: Freepik)

PEMERINTAH mencanangkan akan memulai program vaksinasi booster Covid-19 pekan depan, 12 Januari 2022 dengan menyasar kelompok usia lansia sebagai penerima tahap pertama.

Pada program vaksinasi booster tahap pertama ini, pemerintah menargetkan sebanyak 21 juta orang sebagai target sasaran awal penerima vaksin booster di bulan Januari 2022.

 Vaksinasi Covid-19

Timbul pertanyaan apakah program vaksin booster ini akan menjadi aturan wajib bagi seluruh masyarakat Indonesia, warga di atas usia 18 tahun.

Merujuk sama seperti aturan vaksin Covid-19 dosis pertama dan dosis kedua, dan apakah bisa digratiskan seluruhnya atau ada kelompok tertentu yang harus membayar mandiri?

Sayangnya, seperti disebutkan Prof Wiku, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, sampai saat skema aturan program vaksin booster masih belum final.

“Terkait skema vaksinasi booster ini masih dalam tahap penyusunan. Pada prinsipnya pemerintah berupaya menjamin aksesibilitas vasinasi bagi seluruh masyarakat agar seluruhnya dapat memiliki proteksi lebih terhadap penularan COVID-19,” kata Prof Wiku.

Program vaksinasi booster tahap pertama yang akan mulai berjalan pekan depan, pemerintah diketahui menargetkan sebanyak 21 juta orang sebagai target sasaran awal penerima vaksin booster di bulan Januari 2022. Prof. Wiku mengimbau bagi masyarakat yang masuk sebagai target sasaran awal ini, bisa menggunakan kesempatan mendapatkan suntikan vaksin yang ketiga dengan sebaik-baiknya.

 Baca juga: Vaksin Booster Covid-19, Berbayar atau Gratis?

“Maka dari itu, mohon kepada target vaksinasi booster nantinya dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan baik demi kesehatan diri sendiri dan masyarakat,” tutupnya singkat.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini