Ashanty Positif Covid-19 Pulang dari Turki, Pakar Kesehatan: Belum Tentu Omicron

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 07 Januari 2022 15:58 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 07 481 2528912 ashanty-positif-covid-19-pulang-dari-turki-pakar-kesehatan-belum-tentu-omicron-WSqsEW1lJN.jpg Ashanty terinfeksi Covid-19 (Foto: inst)

PAKAR Kesehatan sekaligus Dokter Relawan Covid-19, dr. Muhamad Fajri Adda'i mencoba mengenai infeksi Covid-19 yang menimpa artis cantik, Ashanty. Istri Anang Hermansyah ini positif Covid-19 usai kembali dari perjalanan menuju Turki.

"Kita perlu klarifikasi dulu bahwa Ashanty ini belum tentu Omicron variannya," kata dr. Fajri, ketika dihubungi MNC Portal, Jumat (7/1/2022).

 omicron

Lebih lanjut, dr. Fajri menjelaskan bahwa varian Omicron ini baru dapat diseteksi menggunakan metode SGTF yang artinya S Gene Target Failure. Ini adalah kondisi di mana PCR gagal dalam mendeteksi gen S.

"Tapi itu tidak pasti Omicron. Varian Alpha yang dari Inggris juga SGTF. Karena protein spikenya tidak dapat terdeteksi di PCR. Jadi intinya masih probable," lanjutnya.

Untuk memastikannya varian apa yang menyerang tubuh, maka harus menunggu proses Whole Genome Sequencing (WGS).

Dokter Fajri menambahkan pemeriksaan untuk Covid-19 PCR-nya ada bermacam-macam. Ada yang menggunakan gen S, N, dan lainnya. Ketika menggunakan gen S, dan S nya tidak terdeteksi dan N yang terdeteksi maka ini disebut SGTF.

 Baca juga: Ashanty Positif Covid-19, Deddy Corbuzier: Mantap! Gelombang 3 Luar Biasa

"Intinya kita butuh pemeriksaan lebih lanjut," tuntasnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini