Beautypedia: 5 Makanan Kaya Kolagen, Lebih Baik Ketimbang Minum Suplemen

Wilda Fajriah, Jurnalis · Sabtu 08 Januari 2022 08:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 08 298 2529097 beautypedia-5-makanan-kaya-kolagen-lebih-baik-ketimbang-minum-suplemen-qsanUPOIxy.jpeg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

KOLAGEN memang sangat dibutuhkan untuk kulit kita. Ketika tubuh kita mendapatkan kolagen yang cukup, maka kulit pun akan halus dan terlihat awet muda.

Karenanya, sebagian orang memilih untuk mengonsumsi suplemen kolagen untuk memiliki kulit yang mulus dan awet muda. Akan tetapi, suplemen berbahan kimia ini tentunya memiliki efek samping pada tubuh jika dikonsumsi dalam jangka panjang.

Alternatifnya, Anda masih bisa mendapatkan protein ini dari mengonsumsi makanan yang mengandung banyak kolagen. Melansir laman Eat This, berikut adalah 5 jenis makanan yang bahkan dinilai lebih baik dari suplemen kolagen.

Daging

Karena kolagen adalah protein paling melimpah pada mamalia, tidak mengherankan jika kolagen ditemukan dalam berbagai jenis daging kaya protein, termasuk daging sapi dan ayam. 

Menurut sebuah penelitian dalam jurnal Clinical Interventions in Aging, leher ayam dan tulang rawan dapat digunakan untuk mengobati radang sendi dengan sukses karena kandungan kolagennya yang melimpah.

Kulit wajah

Ikan

Menurut sebuah penelitian di jurnal Food and Nutrition Sciences, kolagen ikan bahkan mungkin lebih disukai daripada kolagen yang ditemukan dalam daging yang mengandung protein seperti daging sapi atau babi.

Menurut penelitian, kolagen ikan diserap hingga 1,5 kali lebih efisien ke dalam tubuh jika dibandingkan dengan sumber kolagen sapi atau babi. Karena fakta bahwa kolagen ikan diserap lebih efisien (dan karena itu memasuki aliran darah pada tingkat yang lebih cepat), itu dianggap sebagai salah satu sumber kolagen terbaik.

Putih telur

Kolagen secara alami ditemukan di kulit dan putih telur. Secara total, putih telur mengandung 18 asam amino dan sembilan asam amino esensial.

Lebih khusus lagi, jenis kolagen yang ada dalam putih telur menyediakan glukosamin sulfat, kondroitin sulfat, asam hialuronat, dan berbagai asam amino lain yang diperlukan untuk produksi kolagen.

Spirulina

Lebih dari 60 persen spirulina terdiri dari asam amino, bahan pembangun kolagen. Oleh karena itu, mikroalga biru-hijau yang ditemukan di perairan tawar dan laut merupakan sumber yang sangat baik.  

Sebuah studi tahun 2017 dalam jurnal Pharmaceutical Biology menemukan bahwa ketika spirulina dimasukkan ke dalam krim kulit topikal, spirulina meningkatkan viabilitas sel dan membantu penyembuhan luka.

Seperti jenis daging tertentu, spirulina adalah sumber protein yang bagus. Faktanya, satu sendok makan spirulina bubuk menghasilkan 6 gram nutrisi pembentuk otot.

Kaldu tulang hewan

Kaldu tulang hewan disebut-sebut menjadi salah satu makanan yang mengandung kolagen tinggi. Anda pun dapat mengonsumsi kaldu tulang hewan yang berasal dari sapi, ayam, atau ikan guna menambah jumlah kolagen dalam tubuh. 

Kaldu tulang hewan dapat dibuat dengan mendidihkan tulang sapi, ayam, atau ikan dalam air. Proses ini yang diyakini dapat mengekstraksi kolagen.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini