5 Fakta Nose Sanitizer yang Lagi Populer, Benarkah Ampuh Cegah Virus?

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Sabtu 08 Januari 2022 21:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 08 481 2529334 5-fakta-nose-sanitizer-yang-lagi-populer-benarkah-ampuh-cegah-virus-zG1jHQsFb2.jpg Ilustrasi. (Foto: Boldsky)

PENGGUNAAN nose sanitizer mulai direkomendasikan para pakar untuk mencegah penularan Covid-19. Ada sederet fakta menarik tentang nose sanitizer yang harus Anda tahu.

Nose sanitizer telah dikembangkan oleh perusahaan besar di Canada dan diuji di Inggris. Di Israel pun penggunaan nose sanitizer sudah disetujui oleh Kementerian Kesehatan setempat.

Berikut adalah lima fakta seputar nose sanitizer yang bisa Anda simak dikutip dari keterangan resmi Enovid.

Apa itu nose sanitizer?

 Nose

Nose sanitizer adalah alat kesehatan berupa semprotan yang digunakan untuk mensterilkan hidung dari berbagai virus atau partikel yang bercampur dengan udara yang dihirup.

Manfaat nose sanitizer

Penggunaan nose sanitizer, dianggap para pakar kesehatan di dunia menjadi penting karena virus atau partikel lain terhirup masuk ke hidung. Kemudian akan menyebar ke seluruh tubuh bersamaan dengan penyaluran oksigen ke keseluruh tubuh melalui pembuluh darah.

CEO dan pendiri SaNotize Dr Gilly Regev, PhD mengatakan, nose sanitizer mampu meminimalisir risiko menangkal virus serta partikel lain yang menyebar melalui udara.

"Nose sanitizer yang dikembangkan ini sudah terbukti tidak hanya sebagai pencegah virus penyebab Covid-19, tetapi juga membunuh virus Covid-19 ini dengan cepat," ujarnya.

Pembersih rongga hidung

Rongga hidung diketahui bisa menjadi jalan masuknya virus mematikan. Maka Anda diminta rajin membersihkan rongga hidung untuk menghindari virus mematikan yang akan masuk ke saluran pernapasan.

"Mencuci rongga hidung harus dilakukan dengan benar, tapi sejauh ini banyak yang melakukan tidak sesuai ketentuan kesehatan," tambahnya.

Dikembangkan di negara ini

Nose sanitizer telah dikembangkan oleh SaNotize yang merupakan perusahaan besar di Canada dan diuji di Inggris. Enovid ini bisa mensterilkan hidung dari virus Covid-19 sebesar 95% dalam waktu 24 jam dan 99% dalam waktu 72 jam.

Pentingnya prokes

Sejatinya, tak hanya rajin menjaga kebersihan tangan, memakai masker serta menjaga jarak, Anda juga perlu menjaga saluran pernapasan.

Untuk menjaga imunitas, Anda juga harus mengonsumsi vitamin serta vaksin Covid-19. Terlebih sekarang muncul varian baru Omicron yang cukup mengkhawatirkan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini