Share

Tak Cuma Enak Buat Rujakan, Kenali 5 Manfaat Ajaib Bengkuang

Hasyim Ashari, Jurnalis · Sabtu 08 Januari 2022 11:35 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 08 612 2529145 tak-cuma-enak-buat-rujakan-kenali-5-manfaat-ajaib-bengkuang-lkoGCiRX6f.jpg Bengkuang. (Foto: Kimson)

BENGKUANG memang lazim digunakan untuk perawatan kecantikan, terutama untuk mencerahkan kulit. Tapi bengkuang juga bisa dikonsumsi secara mentah, biasanya digunakan dalam rujak.

Kayanya manfaat bengkuang disebabkan oleh kandungan antioksidan yang tinggi sehingga dapat mengurangi peradangan. Peradangan kronis ini erat kaitannya dengan peningkatan risiko kesehatan, salah satunya penyakit jantung dan obesitas, juga berbagai permasalahan kulit. 

Oleh karena itu, tentu mengonsumsi bengkuang akan sangat bermanfaat untuk menghindarkan tubuh dari penyakit kronis, bukan? Lantas, apa saja manfaat bengkuang yang bisa kamu dapatkan? Yuk, ketahui selengkapnya berikut ini:

Bengkuang

Mengurangi resiko kelainan bawaan

Folat memainkan peran penting dalam perkembangan janin, dan bengkuang mengandung 4 persen dari nilai folat harian yang direkomendasikan. Selama kehamilan, asupan asam folat yang tidak memadai dapat menyebabkan cacat jantung bawaan, anomali saluran kemih obstruktif, defisiensi ekstremitas, celah orofasial, dan penyumbatan saluran lambung.

Asupan folat yang cukup dapat membantu mengurangi risiko kelainan bawaan ini. Selain itu, asupan asam folat yang cukup pada orang dewasa dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit kardiovaskular dan beberapa jenis kanker.

Membantu mengatur gula darah

Bengkuang kaya akan inulin, serat larut yang mengurangi kadar glukosa darah. Bengkuang juga dapat meningkatkan sensitivitas insulin dengan menghambat glukoneogenesis di hati dan mempertahankan kadar insulin plasma. Ini dapat membantu dalam manajemen diabetes.

Dapat mengurangi resiko kanker

Penelitian telah menunjukkan bahwa inulin memiliki potensi sifat antikarsinogenik dan secara signifikan mengurangi risiko kanker usus besar. 

Dalam sel manusia, metabolit inulin yang diturunkan menghambat pertumbuhan sel tumor dan mengurangi faktor risiko lain kanker. Ekstrak bengkuang juga mengandung inulin, yang mungkin memiliki sifat anti-kanker.

Membantu mengurangi masalah pencernaan

Serat tidak larut dalam bengkuang dapat membantu mengatur pergerakan usus dan mengurangi risiko kondisi terkait pencernaan seperti sembelit, wasir, dan kondisi gastrointestinal lainnya. Serat makanan juga menurunkan risiko penyakit jantung koroner, obesitas, stroke, hipertensi, dan borok.

Dapat meningkatkan kesehatan kulit dan rambut

Bengkuang mengandung vitamin C, antioksidan yang meningkatkan kesehatan kulit dan rambut saat dikonsumsi. Nutrisi tersebut dapat mencegah kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas. 

Selain itu vitamin C juga bagus untuk memperlambat penuaan dini, mengurangi kerontokan rambut , dan meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini