Kasus Omicron Meningkat, Kemenkes: Sebagian Besar Gejala Ringan

Siska Permata Sari, Jurnalis · Minggu 09 Januari 2022 10:08 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 09 481 2529436 kasus-omicron-meningkat-kemenkes-sebagian-besar-gejala-ringan-SerAXpYnoU.jpg Varian Omicron (Foto: Kalinga)

VARIAN Omicron telah menjangkiti ratusan negara di dunia. Saat ini, lebih dari 110 negara yang telah mengonfirmasi temuan kasus Omicron di wilayahnya, termasuk Indonesia.

Sejak ditemukan pertama kali pada 16 Desember 2021, jumlah kasus Omicron di Indonesia terus bertambah.

 omicron

Kementerian Kesehatan (kemenkes) mengungkap kasus konfirmasi omicron mencapai 333 orang hingga Sabtu 8 Januari 2022. Kasus omicron didominasi oleh pelaku perjalanan luar negeri dan ada di Provinsi DKI Jakarta.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes Siti Nadia Tarmizi mengatakan, sebagian besar gejala yang dirasakan pasien cenderung ringan.

“Sebagian besar gejalanya ringan yaitu hanya batuk, pilek dan demam,” kata Siti Nadia Tarmizi.

Dia menjelaskan, sebagian besar kasus terkonfirmasi telah mendapatkan vaksinasi dosis lengkap. Sekitar 99 persen kasus yang dikarantina juga memiliki gejala ringan dan mayoritas kasus berada di wilayah DKI Jakarta.

“Pasien Omicron saat ini sudah di karantina di RSDC Wisma Atlet maupun RS yang sudah disetujui oleh Satgas. Ini bertujuan untuk melokalisir kemungkinan penyebaran Omicron,” ujarnya.

Meskipun gejalanya ringan, dia tetap mengingatkan untuk tetap meningkatkan kewaspadaan guna menghindari penularan Covid-19 varian Omicron.

 Baca juga: Kasus Omicron di DKI Jakarta Paling Banyak, Apa Penyebabnya?

Di antaranya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan 5M. Selain itu, lengkapi juga perlindungan diri dengan segera melakukan vaksinasi Covid-19 dosis lengkap untuk mengurangi tingkat keparahan akibat dari paparan virus tersebut.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini