Kabar Baik, Vaksin Sinovac Masih Manjur Lawan Omicron

Wilda Fajriah, Jurnalis · Minggu 09 Januari 2022 11:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 09 481 2529454 kabar-baik-vaksin-sinovac-masih-manjur-lawan-omicron-9JZQIAZuMl.jpg Vaksin Covid-19 (Foto: Freepik)

STUDI baru mengungkapkan vaksin Covid-19 jenis Sinovac (CoronaVac) efektif memberikan perlindungan dari penyakit parah, rawat inap, hingga kematian akibat varian Omicron.

Abdi Mahamud, Manajer Insiden WHO mengatakan, penerima vaksin Sinovac kemungkinan membutuhkan dua kali suntikan booster vaksin lainnya agar tubuh memiliki perlindungan dari Covid-19 varian Omicron.

 omicron

"Lebih banyak bukti menunjukkan bahwa Omicron mempengaruhi saluran pernapasan bagian atas, menyebabkan gejala yang lebih ringan daripada varian sebelumnya," katanya seperti dilansir Newsaf pada Minggu (9/1/2022).

UEA baru-baru ini menyetujui penggunaan darurat vaksin protein rekombinan baru yang diproduksi oleh Sinopharm, yang akan digunakan sebagai suntikan pendorong di negara Uni Emirat Arab.

Menurut Kementerian Kesehatan UEA, vaksin asal China yang baru menunjukkan peningkatan kapasitas kekebalan terhadap varian baru dengan tingkat keamanan tinggi itu memungkinkan produksi yang cepat dan penyimpanan serta distribusi yang mudah.

 Baca juga: Kasus Omicron Meningkat, Kemenkes: Sebagian Besar Gejala Ringan

Selain itu, efektivitas vaksin juga tergantung dari kekebalan kelompok masing-masing. Namun, orang yang sudah divaksin memiliki proteksi lebih tinggi terhadap paparan virus dibanding mereka yang belum mendapatkan vaksinasi.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini