Fakta Unik tentang Kopi yang Belum Banyak Diketahui

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Senin 10 Januari 2022 17:12 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 10 298 2530069 fakta-unik-tentang-kopi-yang-belum-banyak-diketahui-gdQyGp8ORY.jpg Fakta unik tentang kopi yang belum banyak diketahui (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Kopi menjadi salah satu jenis minuman yang banyak dikonsumsi orang di seluruh dunia. Adapun fakta-fakta unik terkait kopi yang belum diketahui khalayak.

Dirangkum dari berbagai sumber, sedikitnya Okezone menyajikan sejumlah fakta unik seputar kopi, apa saja? berikut pemaparannya.

Berkat Kopi Brasil Bisa Kirim Atlet ke Olimpiade

Ajang Olimpiade 1392, Brasil tidak memiliki dana untuk mengirim 62 orang atletnya ke Summer Olympiade di Los Angeles, Amerika.

Pemerintah Brasil pun memutuskan membawa 50 ribu karung kopi di kapal dan menjualnya di berbagai pelabuhan hingga dana tercukupi untuk mengirimkan wakilnya ke Olimpiade.

Baca Juga: Alasan Kopi Bisa Bantu Turunkan Berat Badan, Ternyata Gak Cuma Bikin Melek!

Kopi yang Diseduh Punya Lebih Banyak Kafein

Brew coffee (kopi yang diseduh) nyatanya mengandung lebih banyak kafein ketimbang espresso yang pekat.

Menurut United States Department of Agriculture (USDA), hanya ada 64 miligram kafein dalam satu porsi espresso, sedangkan brewed coffee mengandung 95 miligram kafein dalam satu porsinya.

Kopi Bisa Bikin Overdosis

Overdosis kopi sampai mengancam nyawa memang jarang terjadi, namun bukan berarti tidak bisa.

Food and Drug Administration (FDA), Amerika Serikat menyarankan untuk minum 400 miligram kafein per hari sebagai batas paling banyak agar tetap aman, atau estimasinya sekitar empat cangkir brewed coffee.

Selain itu, disebutkan kopi dapat menyebabkan migrain, peningkatan denyut jantung, tremor otot, mual dan disforia.

Efek samping yang lebih serius, termasuk kejang dan halusinasi, kemungkinan terjadi dengan hitungan konsumsi 1.200 miligram kafein atau lebih.

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini