Vaksin Covid-19 Disebut Bikin Sperma Beku dan Kelamin Pria Mengecil, Benarkah?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 10 Januari 2022 11:54 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 10 481 2529800 vaksin-covid-19-disebut-bikin-sperma-beku-dan-kelamin-pria-mengecil-benarkah-XpZxfYVdRB.jpg Ilustrasi (Foto : Medicaldaily)

BEREDAR informasi yang tersebar di media sosial bahwa vaksin Covid-19 dapat menyebabkan sperma membeku dan ukuran penis yang mengecil. Informasi ini tentu membuat masyarakat terkejut dengan efek samping vaksin Covid-19 tersebut.

Merangkum dari laman Instagram Fakta Covid-19, @faktacovid19.id, Senin (10/1/2022), memastikan bahwa informasi tersebut keliru. Sebab hingga saat ini tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa vaksin Covid-19 dapat mengganggu kualitas sperma maupaun kesuburan pria.

Cek Fakta

Berdasarkan sumber dari Jama network, NCBI, Scitech Daily dan Science Direct, studi menunjukkan bahwa kualitas sperma orang yang telah disuntik vaksin Covid-19 mRNA sebanyak dua kali, tidak berubah baik karakteristik jumlah dan gerakan sperma.

Baca Juga : Peneliti Temukan Bukti Baru Vaksinasi Covid-19 Ganggu Siklus Menstruasi

Studi lain juga menunjukkan bahwa vaksin Covid-19 tidak menyebabkan disfungsi ereksi pada pria yang sudah divaksin Covid-19. Studi lainnya mengatakan tidak ada perbedaan keberhasilan kehamilan pada orang baik sebelum maupun sesudah vaksin Covid-19.

Baca Juga : Bakal Jadi Vaksin Booster, Ini Efek Samping Pfizer dan Moderna

Bahkan banyak bukti ilmiah menunjukkan bahwa Covid-19 itu sendiri yang bisa menyebabkan gangguan kualitas dan jumlah sperma serta disfungsi ereksi. Kondisi ini berpotensi menyebabkan gangguan kesuburan pada pria dalam jangka panjang. Seperti yang terjadi pada virus Zika dan Mumps.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini