BPOM Siap Kawal Pengawasan Vaksinasi Booster Covid-19

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 10 Januari 2022 13:50 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 10 481 2529910 bpom-siap-kawal-pengawasan-vaksinasi-booster-covid-19-BoogFQNwER.jpg Vaksinasi Covid-19 (Foto: ECDC)

KEPALA Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Penny Lukito mengatakan, Badan POM akan terus melakukan pengawasan terkait dengan vaksinasi booster Covid-19 sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Sebagaimana diketahui, Pemerintah Indonesia telah menjadwalkan vaksinasi booster Covid-19 pada 12 Januari 2022.

 vaksin booster

Vaksinasi booster ini dilakukan pemerintah dalam upaya meningkatkan titer antibodi dalam tubuh untuk melawan virus Covid-19. Badan POM mengatakan, pengawasan terkait dengan vaksinasi akan dilakukan dengan ketat di berbagai daerah.

“Seluruh UPT kantor kami di berbagai daerah akan melakukan pengawasan dan pendampingan vaksin booster secara bersamaan dengan vaksinasi primer yang sedang berlangsung,” terang Penny, dalam siara pers yang disiarkan langsung di channel YouTube Badan POM, Senin (10/1/2022).

Penny mengatakan, pihaknya akan lebih fokus melihat kelayakan dari vaksin terutama jika dikaitkan dengan expired date (tanggal kadaluwarsa), cara penyimpanan, dan strateginya.

Bahkan Badan POM akan melakukan pengambilan sampling dan melakukan pengujian berkaitan dengan aspek mutu vaksin tersebut jika memang diperlukan.

 Baca juga: Indonesia Akan Miliki 3 Fasilitas Produksi Vaksin Covid-19 Dalam Negeri

“Kalau ada kejadian KIPI serius dan diputuskan oleh KOMDA dan KOMNAS KIPI, jika diperlukan untuk pendalaman, Badan POM yang akan melakukan pengujian pada vaksinnya apabila dicurigai dan terkait dengan kualitas, mutu, keamanan, serta efikasi dari vaksin tersebut,” tuntasnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini