Perlu Waspada, Anak Kurus Juga Bisa Terkena Diabetes

Tim Okezone, Jurnalis · Senin 10 Januari 2022 16:19 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 10 481 2530030 perlu-waspada-anak-kurus-juga-bisa-terkena-diabetes-ZBrYLzlULW.jpg Anak kurus (Foto: Nature doc)

DOKTER Spesialis Kelenjar Endokrinologi Dante Saksono Harbuwono, Sp.PD, PhD, KEMD mengatakan, penyakit diabetes sejatinya tak hanya menyerang orang dewasa.

Sakit diabetes juga bisa dialami oleh anak-anak berusia 5 hingga 6 tahun. Anak-anak yang menderita diabetes tersebut pada umumnya menderita diabetes tipe 1.

Menuru Dokter Dante, anak-anak bisa menderita diabetes karena faktor genetik atau keturunan. Anak-anak yang terserang diabetes ini tidak memiliki gejala.

 diabetes anak

"Anak-anak penderita diabetes ini umumnya muncul tanpa gejala, akibatnya orangtua seringkali tidak tahu kalau anaknya ternyata menderita diabetes," ujar Dokter Dante.

Memang biasanya, terang dia, penderita diabetes adalah orang-orang dengan berat badan berlebihan alias gemuk. "Namun diabetes tipe 1 dapat menyerang anak-anak sekalipun memiliki tubuh yang kurus."

 Baca juga: Sering Alami Kebas dan Kesemutan? Waspada Gejala Diabetes

"Jadi tidak hanya anak gemuk saja yang bisa terserang diabetes, anak kurus pun juga bisa terkena diabetes makanya ini perlu diperhatikan," pungkasnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini