Share

Vaksin Booster Bisa Dicampur atau Sama? Begini Jawaban BPOM

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Okezone · Senin 10 Januari 2022 14:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 10 612 2529897 vaksin-booster-bisa-dicampur-atau-sama-begini-jawaban-bpom-2UCs5EB5Aq.jpg Ilustrasi Vaksin Covid-19. (Foto: Freepik)

PEMERINTAH akan segera melakukan penyuntikan vaksin booster Covid-19 pada lansia pada 12 Januari. Badan POM pun akhirnya mengeluarkan Emergency Use Authorization (EUA) atau izin penggunaan darurat Covid-19 untuk vaksinasi booster di Indonesia.

Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny Lukito mengatakan, saat ini BPOM masih terus mencari kombinasi untuk vaksin yang diberikan berbeda dengan boosternya (Heterolog).

Saat ini data mengenai vaksin yang akan digunakan dengan metode heterolog sedang difinalisasi. Kelima vaksin tersebut diantaranya adalah Coronavac (Sinovac-Biofarma), AstraZeneca, Pfizer, Moderna, dan Zivifax.

“Yang sedang kita tunggu adalah heterolog, untuk vaksin sebagai boosternya seperti Sinovac, Pfizer, AstraZeneca dengan primer sebelumnya adalah Sinovac,” kata Penny seperti disiarkan langsung di channel YouTube Badan POM, Senin (10/1/2022). .

Selain itu, Badan POM juga sedang menunggu hasil dari uji klinik untuk vaksin primer AstraZeneca dengan booster heterolognya menggunakan Sinovac, Pfizer, dan juga homolog AstraZeneca. Tak hanya itu, Badan POM juga sedang berproses untuk uji klinik vaksin Sinopharm.

“Saat ini sudah berlangsung dan kita sedang tunggu datanya untuk homolog dan heterolog sebagai vaksin booster Covid-19. Tahapannya sudah mendapatkan data yang baik, dan izin untuk vaksin primer,” tambahnya.

Selanjutnya BPOM akan melakukan uji klinik untuk melihat aspek keamanan dan imunogenitasnya dalam meningkatkan kapasitas dalam menaikan titer antibodi manusia sebagai booster Covid-19. Dengan selang waktu uji klinik 28 hari setelah pemberian booster. “Kita cek, amati, nilai, dan bagaimana vaksin dapat menaikkan titer antibodi,” tuntas Penny.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini