Share

5 Makanan Indonesia yang Mirip dengan Kuliner Luar Negeri

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 11 Januari 2022 17:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 11 298 2530652 5-makanan-indonesia-yang-mirip-dengan-kuliner-luar-negeri-4x67rLZfgT.jpg Kakiage (Foto: Youtube)

SELAIN punya alam yang indah, Indonesia juga memiliki kuliner yang beragam. Ini karena masakan Indonesia dipengaruhi oleh budaya yang beragam, seperti Jepang, Timur Tengah, Tiongkok, dan lain sebagainya.

Karena itu, beberapa makanan Indonesia pun terlihat mirip dengan yang ada di luar negeri. Penasaran apa saja? Mengutip akun Instagram @ayodolan, berikut 5 kuliner Indonesia yang mirip dengan luar negeri.

 asinan

1. Asinan sayur vs kimchi

Asinan sayur dan kimchi hampir terlihat sama. Kedua makanan yang difermentasi ini memiliki rasa yang asam dan pedas. Bedanya, kimchi khas Korea hanya terbuat dari sawi putih.

2. Jipang vs gangjeong

Jipang dan gangjeong khas Korea terlihat hampir mirip. Jipang terbuat dari kacang tanah dan gula Jawa, sedangkan gangjeong terbuat dari beras ketan. Namun tekstur kedua makanan ini sama-sama lengket.

3. Leker vs crepes

Leker dan crepes juga mirip banget. Leker terbuat dari adonan tepung, telur, susu dan gula. Sedangkan crepes dibuat menggunakan bahan-bahan khas Eropa seperti adonan gandum dan mentega.

4. Bakwan vs kakiage

Jika Indonesia punya bakwan, Jepang punya kakiage. Ini adalah side dish khas Jepang yang berisi aneka sayuran, lalu dicampur adonan tepung tempura, kemudian digoreng hingga renyah.

 Baca juga: Deretan Makanan yang Bikin Kulit Bercahaya dan Makin Glowing

5. Bihun goreng vs japchae

Japchae adalah makanan Korea berupa mi sohun yang dicampur dengan sayuran dan daging. Sekilas mirip dengan bihun goreng. Namun, japchae memiliki perpaduan rasa asin dan manis.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini