Vaksinasi Booster Dimulai Besok, Menkes Pastikan Stok Vaksin Cukup

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 11 Januari 2022 18:08 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 11 481 2530679 vaksinasi-booster-dimulai-besok-menkes-pastikan-stok-vaksin-cukup-i4JVJ5hcd7.jpg Vaksinasi booster (Foto: The scientist)

MENTERI Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menjelaskan bahwa vaksinasi booster Covid-19 resmi dimulai pada Rabu 12 Januari 2022 sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ia menekankan bahwa vaksinasi booster yang diselenggarakan besok dilakukan secara gratis untuk masyarakat Indonesia yang telah berusia 18 tahun ke atas.

Selain itu, vaksinasi booster juga baru akan diberikan kepada masyarakat yang telah mendapatkan vaksinasi dosis lengkap minimal dua kali suntik 6 bulan yang lalu. Vaksin booster ini diprioritaskan untuk lanjut usia (Lansia) dan kelompok rentan atau imunocompromised.

 vaksinasi booster

“Vaksin booster ini penting diberikan ke seluruh rakyat Indonesia sebagai komitmen pemerintah untuk melindungi seluruh masyarakat Indonesia dari ancaman Covid-19 termasuk varian-varian barunya,” terang Menkes Budi, dalam keterangan pers teknis vaksinasi booster Covid-19, Selasa (11/1/2022).

Terkait dengan stok vaksin yang dimiliki saat ini, Menkes mengaku bahwa Indonesia telah memiliki cukup vaksin Covid-19.

Ia mengatakan, vaksin tersebut berbagai dari banyak sumber, di antaranya berasal dari kontrak pengadaan vaksin di 2021 yang pengirimannya akan tiba pada awal 2022.

 Baca juga: Vaksin Merah Putih Ditargetkan Masuk Uji Klinik Februari 2022

“Selain itu adanya tambahan yang cukup signifikan dari vaksin donasi dunia. Baik melalui program kerjasama COVX maupun juga program kerjasama bilateral,” tuntasnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini