Vaksinasi Booster Dimulai Besok, Ini Jenis Vaksin yang Digunakan

Siska Permata Sari, Jurnalis · Selasa 11 Januari 2022 18:36 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 11 481 2530696 vaksin-booster-dimulai-besok-ini-berbagai-jenis-vaksin-yang-digunakan-s63IQYpXOf.jpg Vaksinasi booster (Foto: RACGP)

MENTERI Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengatakan, pemberian vaksin booster untuk pencegahan Covid-19 akan dimulai besok, 12 Januari 2022.

Berdasarkan keputusan Presiden Joko Widodo, pemberian vaksin booster ini gratis untuk seluruh masyarakat Indonesia.

 Menkes

Dia mengatakan, jenis vaksin yang digunakan akan mengikuti ketersediaan vaksin yang ada. “Pemerintah akan memberikan vaksinasi booster dengan mempertimbangkan ketersediaan vaksin yahg ada di tahun ini,” kata Menkes Budi Gunadi dalam konferensi pers virtual, Selasa (11/1/2022).

Selain ketersediaan vaksin, hal lain yang dipertimbangkan yakni kombinasi vaksin booster yang telah disetujui oleh BPOM dan ITAGI.

“Kombinasi vaksin booster yang dimulai di tanggal 12 besok sesuai dengan pertimbangan tadi, kesiapan vaksin yang ada, hasil research peneliti dalam dan luar negeri yang sudah dikonfirmasi oleh BPOM dan ITAGI,” ujarnya.

Dia menjelaskan, bagi yang vaksin primer Sinovac atau vaksin pertama dan kedua menggunakan Sinovac, maka akan diberikan vaksin boosternya setengah dosis Pfizer.

“Regime yang kedua, adalah untuk vaksin primer Sinovac, jadi vaksin pertama dan kedua sinovac akan kita berikan booster setengah dosis Astrazeneca,” sambungnya.

Kemudian untuk alternatif ketiga atau regime ketiga, bila vaksin primer adalah astrazeneca atau dua kali mendapatkan vaksin Astrazeneca, maka akan diberikan vaksin booster setengah dosis Moderna.

 Baca juga: Menkes Pastikan Pemberian Vaksin Booster Dapat Tingkatkan Antibodi

“Ini adalah kombinasi awal dari regime vaksin booster yang kita berikan berdasarkan ketersediaan vaksin yang ada dan juga hasil research yang sudah disetujui BPOM dan ITAGI yang nantinya bisa berkembang,” ujar Menkes Budi.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini