Sering Jadi Bahan Skincare, Kenali Bahaya Kandungan Niacinamide

Tim Okezone, Jurnalis · Selasa 11 Januari 2022 19:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 11 611 2530516 sering-jadi-bahan-skincare-kenali-bahaya-kandungan-niacinamide-6gBTNcWvQJ.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

NIACINAMIDE memang telah menjadi kandungan produk skincare yang populer belakangan ini. Niacinamide pun terkenal dengan beragam manfaatnya bagi kecantikan, sehingga kerap ada di produk skincare populer di dunia.

Bahan ini memiliki khasiat yang ampuh untuk mengatasi berbagai masalah kulit, mulai dari memudarkan flek hitam hingga menghilangkan jerawat dan bekasnya yang sulit hilang. Tapi, siapa sangka ternyata niacinamide memiliki efek samping bagi kulit yang perlu kita ketahui.

Niacinamide dikenal juga sebagai nicotinamide, adalah salah satu zat turunan dari vitamin B3. Dalam dunia dermatologi, zat ini digunakan untuk mengatasi jerawat dan bekasnya, mencerahkan kulit, serta mengurangi gejala rosacea.

Skincare

Niacinamide bekerja dengan menghambat pelepasan zat kimia yang memicu reaksi peradangan di dalam tubuh. Senyawa ini juga dapat memperlambat proses perpindahan butir pigmen ke dalam sel-sel kulit sehingga kulit tampak lebih cerah.

Selain itu, fungsi lainnya dari niacinamide adalah untuk membantu pembentukan protein pada kulit dan memerangkap kelembapan di dalam sel-sel kulit. Dengan begitu, kulit senantiasa terhindar dari kerusakan karena lapisan pelindungnya tetap kuat.

Pada dasarnya, niacinamide bisa didapat dari daging, telur, susu, kacang-kacangan, serta sayuran hijau. Selain itu, niacinamide juga bisa ditemukan dalam suplemen vitamin B kompleks seperti B6, B9, dan B12.

Walaupun relatif aman, niacinamide untuk kulit tetap bisa menimbulkan efek samping sehingga harus digunakan sesuai anjuran. Maka dari itu, selalu ikuti instruksi yang tercantum dalam label kemasan produk atau arahan dokter spesialis kulit.

Pemakaian produk ini tidak boleh digabung dengan vitamin C, sebab keduanya bisa menghilangkan fungsi satu sama lain. Anda sebaiknya juga menunggu beberapa hari sebelum menggunakan eksfoliator seperti scrub, AHA dan BHA, atau lainnya karena kulit akan lebih tipis setelah eksfoliasi.

Ingin tahu lebih lanjut tentang first class Lifestyle, silakan klik HighEnd-Magazine.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini