4 Kebiasaan Buruk Ini Malah Buat Wajah Anda Berminyak

Tim Okezone, Jurnalis · Selasa 11 Januari 2022 20:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 11 611 2530536 4-kebiasaan-buruk-ini-malah-buat-wajah-anda-berminyak-rStOwl93Gk.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

KULIT berminyak memang menyebabkan banyak masalah terutama pada wajah. Salah satu penyakit kulit yang bisa terjadi akibat kulit berminyak adalah jerawatan dan kulit kusam.

Tapi, merawat kulit berminyak memang tidak semudah merawat kulit normal dan sedikit tricky. Oleh karena itu, dibutuhkan produk perawatan yang tepat agar kulit wajah tetap sehat.

Memiliki kulit yang terlalu berminyak adalah satu hal yang sering dihindari banyak orang. Mulai dari makanan hingga kebiasaan sehari-hari berkontribusi pada munculnya minyak di kulit.

Kulit Berminyak

Dibutuhkan produk perawatan yang tepat agar kulit wajah tetap sehat. Dengan adanya produksi minyak yang berlebih tersebut, dapat menyebabkan pori-pori tersumbat, kulit sangat berminyak dan jerawat. Kebiasaan berikut ini bisa jadi penyebab mengapa kulit berminyak.

Mencuci wajah terlalu sering

Jika Anda berpikir mencuci wajah sesering mungkin bisa menghilangkan minyak di wajah. Ternyata mencuci wajah terlalu sering hanya akan membuat kulit menjadi kering. Saat kulit kering, ia akan memproduksi minyak alami agar wajah tetap lembap. Hal inilah yang akhirnya membuat wajah jadi semakin berminyak.

Tidak menggunakan pelembap

Kulit berminyak tetap membutuhkan pelembap. Ini guna menghidrasi serta melembapkan wajah dan menyeimbangkan kadar minyak. Tipsnya, pilihlah pelembap berbahan dasar air serta yang memiliki label oil-free dan non-comedogenic.

Menggunakan kosmetik comedogenic

Riasan tentunya telah menjadi bagian besar dari kehidupan sehari-hari setiap orang, seperti halnya perawatan kulit. Sebaiknya pilih produk makeup dengan sangat hati-hati, terutama untuk kulit berminyak. Produk comedogenic lah yang bisa menyumbat pori-pori.

Pemblokiran pori-pori bisa mengakibatkan kulit menjadi berminyak dan mengeluarkan lebih banyak minyak. Oleh karena itu, lebih baik menggunakan produk nonkomedogenik yang tidak akan menyumbat pori-pori Anda dan juga dapat membantu mengurangi kemungkinan munculnya jerawat

Siklus Menstruasi

Perubahan hormon saat menstruasi akan menstimulasi kelejar minyak. Inilah alasan mengapa serangan jerawat selama periode menstruasi kerap terjadi.

Ingin tahu lebih lanjut tentang first class Lifestyle, silakan klik HighEnd-Magazine.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini