Pakar Perkirakan Gelombang Ketiga Covid-19 Segera Terjadi karena Omicron

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 11 Januari 2022 16:26 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 11 612 2530611 pakar-perkirakan-gelombang-ketiga-covid-19-segera-terjadi-karena-omicron-11Z1jSIvMe.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MASUKNYA varian Omicron memang menambah angka positif Covid-19 di Indonesia. Tercatat, ada 414 kasus vairan Omicron baru yang terkonfirmasi. Kasus Omicron ini pun didominasi oleh Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN).

Meningkatnya kasus Omicron ini pun diperkirakan akan menjadi pemicu Covid-19 gelombang ketiga di Indonesia. Epidemiolog Universitas Griffith Australia, Dicky Budiman, menyebut sudah memperkirakan sejak awal tahun akan ada varian-varian baru muncul.

Menurutnya, Indonesia setidaknya akan mengalami tiga gelombang Covid-19 karena salah satu varian baru yang muncul akan bisa berpotensi memperburuk situasi. Dicky mengaku memiliki alasan yang kuat mengapa ia bisa memprediksi Indonesia akan melewati setidaknya tiga gelombang Covid-19 di masa depan.

"Karena massa atau kebutuhan, serta waktu yang diperlukan untuk Indonesia mencapai 1 level jumlah populasi yang memadai dan memiliki imunitas, itu enggak cukup hanya dalam dua gelombang Covid-19 saja," kata Dicky, saat dihubungi MNC Portal, Selasa (11/1/2022).

Selain itu, adanya 2 varian yakni Delta dan Omicron, juga turut meningkatkan risiko terjadinya gelombang ketiga Covid-19 di Indonesia. Sebagaimana diketahui, varian Delta terkenal dapat menimbulkan gejala dan tingkat keparahan penyakit yang relatif tinggi.

Di sisi lain varian Omicron disebut menimbulkan gejala yang lebih ringan, namun memiliki kemampuan menular yang jauh lebih cepat ketimbang varian Delta. Uniknya lagi Omicron memiliki potensi yang besar untuk menyebabkan reinfeksi. "Oleh karena itu potensi gelombang ketiga Covid-19 ini menjadi sesuatu yang tidak aneh sebetulnya," tuntasnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini