Menkes Pastikan Vaksinasi Booster Tak Ganggu Mekanisme Vaksinasi Gotong Royong

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 12 Januari 2022 09:29 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 12 481 2530886 menkes-pastikan-vaksinasi-booster-tak-ganggu-mekanisme-vaksinasi-gotong-royong-ciKh5gFRLC.jpg Vaksinasi booster (Foto: SHRM)

MENTERI Kesehatan Gunadi Sadikin menjelaskan akan terus mempertahankan mekanisme vaksin Gotong Royong pada saat dimulainya vaksinasi booster Covid-19.

Sebagaimana diketahui Vaksinasi Gotong Royong adalah program vaksinasi mandiri yang sengaja dilakukan demi mempercepat program vaksinasi dan terbentuknya kekebalan kelompok.

 Menkes

Selain itu Vaksinasi Gotong Royong juga tidak boleh mengganggu jalannya vaksinasi program pemerintah. Sehingga tidak boleh menggunakan sejumlah vaksin seperti Sinovac, AstraZeneca, Moderna dan Pfizer yang merupakan vaksin gratis dari program pemerintah.

“Pemerintah akan tetap mempertahankan mekanisme vaksin Gotong Royong yang selama ini sudah berjalan. Dengan kondisi bahwa vaksin ini tetap diterima gratis di masyarakat yang disuntik dan jenis vaksinnya tidak sama dengan vaksin program pemerintah,” kata Menkes Budi, dalam Keterangan Pers Teknis Vaksinasi Booster Covid-19, Selasa (11/1/2022).

Menkes Budi berharap dengan dilakukannya vaksinasi booster Covid-19, masyarakat bisa menjadi lebih kuat dalam menghadapi Covid-19. Mengingat saat ini Indonesia tengah dihantui oleh ancaman dari varian baru Covid-19 Omicron yang memiliki kemampuan menular jauh lebih cepat dibandingkan varian Delta.

 Baca juga: Begini Cara Daftar Vaksin Booster Covid-19 dan Cek Tiket di PeduliLidungi

“Mudah-mudahan program ini dapat membuat masyarakat Indonesia menjadi lebih sehat dan menjadi lebih kuat dalam menghadapi potensi gelombang-gelombang Covid-19 berikutnya,” tuntasnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini