Share

10 Makanan Ini Dapat Mengurangi Risiko Stroke yang Mengancam Jiwa

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 12 Januari 2022 20:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 12 481 2531047 10-makanan-ini-dapat-mengurangi-risiko-stroke-yang-mengancam-jiwa-HzSuRWBBwK.jpeg 10 makanan ini dapat mengurangi risiko stroke (Foto: Boldsky)

10 MAKANAN ini dapat mengurangi risiko stroke yang mengancam jiwa. Makanan apa saja? Stroke merupakan penyakit yang umum terjadi di Indonesia.

Sebagian besar penyebab stroke adalah pola hidup yang kurang sehat. Terlebih bagi mereka yang gemar mengonsumsi makanan rendah gizi. Jika berlebihan, sangat erat kaitannya dengan peningkatan risiko stroke.

Makan makanan tinggi lemak jenuh, lemak trans, dan kolesterol dapat meningkatkan kolesterol Anda. Diet tinggi lemak dan kalori dapat menyebabkan obesitas. Terlalu banyak natrium dapat meningkatkan tekanan darah Anda.

Plus, nutrisi yang berbeda juga dapat berdampak pada kemungkinan masalah jantung Anda. Karenanya, cobalah beralih untuk mengonsumsi makanan yang lebih kaya nutrisi mulai dari sekarang. Melansir laman The healthy, berikut adalah 10 makanan yang dapat Anda tambahkan ke dalam diet yang baik untuk jantung Anda dan dapat membantu mengurangi risiko stroke.

1. Salmon

10 Makanan Ini Dapat Mengurangi Risiko Stroke

(10 Makanan Ini Dapat Mengurangi Risiko Stroke, Foto: Boldsky)

Makan makanan laut non-goreng satu atau dua kali seminggu dapat menurunkan risiko stroke Anda, menurut tinjauan studi yang diterbitkan dalam jurnal Circulation. Para peneliti mengatakan lemak omega-3 dalam ikan berminyak seperti salmon, tuna, dan mackerel mengurangi peradangan di arteri, membantu meningkatkan aliran darah dan mengurangi kemungkinan pembekuan darah.

Makan lebih banyak ikan juga bisa berarti diet Anda mengandung lebih sedikit makanan tidak sehat seperti daging merah dan daging olahan, yang memiliki lebih banyak lemak jenuh yang menyumbat arteri. Cobalah untuk mengonsumsi 8 ons, atau dua porsi, makanan laut non-goreng per minggu.

Baca Juga : Ini Dia 4 Nutrisi Utama Ikan Salmon yang Menyehatkan Tubuh Anda

2. Oatmeal

Berikut cara mencegah stroke dengan menurunkan kolesterol LDL "jahat": Hangatkan semangkuk oatmeal yang mengepul! Sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2019 di Scientific Reports, menunjukkan bahwa makan oatmeal menurunkan risiko penyakit kardiovaskular seperti stroke.

Peserta yang mengonsumsi gandum memiliki kadar LDL dan trigliserida yang lebih rendah, rasio kolesterol total terhadap kolesterol HDL (baik) yang lebih rendah, dan tingkat penanda inflamasi yang lebih rendah. Jika Anda memiliki banyak risiko penyakit kardiovaskular, usahakan agar kolesterol LDL Anda lebih rendah dari 100 mg/dl.

Baca Juga : 5 Khasiat Luar Biasa Ikan Lele untuk Kesehatan, Bisa Cegah Stroke Lho

3. Kacang hitam

10 Makanan Ini Dapat Mengurangi Risiko Stroke

(10 Makanan Ini Dapat Mengurangi Risiko Stroke, Foto: Boldsky)

Sebuah tinjauan studi yang diterbitkan dalam Public Health Nutrition menunjukkan bahwa diet kaya kacang-kacangan seperti kacang hitam dikaitkan dengan risiko penyakit kardiovaskular yang lebih rendah.

Para peneliti mengaitkan temuan ini dengan karakteristik kacang-kacangan yang secara intrinsik baik untuk Anda dan fakta bahwa mereka sering menjadi pengganti sumber protein yang tidak sehat.

4. Ubi jalar

Ubi jalar adalah salah satu pilihan terbaik Anda untuk lauk yang menyehatkan jantung saat makan malam. Satu cangkir ubi jalar panggang dengan kulit memiliki 769 persen dari kebutuhan vitamin A harian yang direkomendasikan, yang membantu jantung, paru-paru, dan ginjal berfungsi dengan baik.

Juga, ubi jalar mengandung 26 persen dari kebutuhan serat harian yang direkomendasikan. Plus, ubi jalar penuh dengan antioksidan untuk membantu mencegah penumpukan plak di pembuluh darah.

5. Bluberi

Antioksidan membantu pembuluh darah melebar untuk menjaga aliran darah tetap kuat sekaligus mengurangi peradangan. Jadi tidak mengherankan jika sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Antioksidan menunjukkan bahwa makanan kaya antioksidan seperti blueberry, stroberi, dan blackberry memiliki kekuatan untuk menurunkan risiko serangan jantung atau stroke kedua.

6. Susu rendah lemak

Terkadang produk susu mendapat reputasi buruk. Sebuah tinjauan studi yang diterbitkan dalam Journal of American Heart Association menemukan bahwa orang yang mengonsumsi susu dalam jumlah yang lebih tinggi memiliki risiko stroke yang lebih rendah. Produk susu sarat dengan kalsium, magnesium, dan potasium.

Semua nutrisi tersebut dapat membantu menurunkan tekanan darah, jadi usahakan untuk mendapatkan dua atau tiga porsi sehari. Pastikan itu rendah lemak atau bebas lemak untuk mengurangi lemak jenuh yang terkait dengan penyakit kardiovaskular.

7. Pisang

10 Makanan Ini Dapat Mengurangi Risiko Stroke

(10 Makanan Ini Dapat Mengurangi Risiko Stroke, Foto: Boldsky)

Makan lebih banyak potasium sebenarnya bisa menurunkan tekanan darah, bahkan pada penderita hipertensi. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Stroke menemukan bahwa potasium memainkan peran penting dalam mencegah stroke.

8. Biji labu

Studi lain yang diterbitkan di Stroke menganalisis data dari lebih dari 36.000 orang dan menemukan bahwa makan makanan kaya magnesium dapat mengurangi risiko stroke sekitar 20 persen. Jika biji labu bukan pilihan Anda, jelai, soba, bayam, dan kacang hitam adalah sumber magnesium yang sangat baik.

9. Kubis

Kubis mengandung magnesium, jadi memakannya dapat membantu menjaga kesehatan jantung Anda. Magnesium bertindak sebagai vasodilator, membuka pembuluh darah, dan melindungi endotelium, lapisan terdalam dari dinding pembuluh darah. Magnesium juga menutup saluran kalsium untuk masuknya kalsium yang berlebihan, yang beracun dan merusak arteri dan pembuluh darah.

10. Bayam

Selain dikemas dengan magnesium, bayam juga mengandung vitamin B folat. Diet kaya asam folat dapat menurunkan risiko stroke pada orang dengan tekanan darah tinggi, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di JAMA. Cobalah untuk mendapatkan setidaknya 400 mikrogram folat setiap hari.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini