Share

Ardhito Pramono Terciduk Narkoba, Ini 5 Efek Konsumsi Ganja yang Rusak Kesehatan

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 12 Januari 2022 17:24 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 12 481 2531208 ardhito-pramono-terciduk-narkoba-ini-5-efek-konsumsi-ganja-yang-rusak-kesehatan-tLNvD5p3On.jpg Ardhito Pramono (Foto: Instagram/@ardhitopramono)

MUSISI Ardhito Pramono terciduk polisi terkait kasus penyalahgunaan narkoba, Rabu (12/1/2022). Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Ady Wibowo membenarkan adanya penangkapan tersebut.

"Ya benar, baru saja pihaknya mengamankan seorang publik figur aktor film layar lebar, penulis lagu dan penyanyi," ujar Kombes pol Ady Wibowo, Rabu, 12/1/2022.

Ardhito Pramono ditangkap terkait narkoba jenis ganja. "Terkait narkoba ganja," kata Kasat Reserse Narkoba Polres Metro Jakarta Barat AKBP Danang Setiyo.

Ardhito Pramono

Perlu diketahui, pengguna ganja bukan hanya akan dibui, tetapi akan merasakan efek buruk bagi kesehatan seumur hidup. Ya, dampak ganja, apalagi sampai ketergantungan, sangat merusak kesehatan. Bukan hanya satu organ tubuh, tetapi di hampir seluruh badan.

Menurut laporan Health Line, tidak ada organ tubuh yang terselamatkan dari bahaya ketergantungan ganja. Mulai dari kepala hingga kaki, semuanya bisa terdampak. Lantas, apa saja dampak buruk ketergantungan ganja?

Merusak otak

Otak

Masalah yang paling umum dialami pengguna ganja adalah kehilangan kemampuan otak menyimpan memori atau ingatan. Selain itu, ganja juga mempermudah pemakainya mengalami depresi akut.

Tidak berhenti di sana, ganja juga meningkatkan risiko sikap ketakutan pada pemakainya. Ganja juga meningkatkan pelepasan dopamin dalam otak dan efek ini yang diharapkan pemakainya karena bisa merasa 'high'.

Baca Juga : Biodata dan Agama Ardhito Pramono, Aktor dan Musisi AP yang Ditangkap Gegara Narkoba

Merusak mulut

Merokok pakai lintingan ganja terbukti membuat area mulut dan tenggorokan sakit. Bahkan, pada beberapa orang kondisinya sampai membuat sensasi terbakar yang sakit.

Baca Juga : Ardhito Pramono Ditangkap karena Konsumsi Ganja

Merusak paru-paru

Merokok ganja dipastikan akan mengalami masalah pada paru-paru, salah satunya adalah bronkitis. Jika ini dibiarkan, maka produksi oksigen di dalam tubuh akan sangat buruk dan berbahay bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Efek buruk ganja pada paru-paru lainnya ialah Anda akan sering mengalami batuk berdahak. Iritasi paru-paru pun jadi dampak buruk dari ganja yang dikonsumsi secara rutin. Bahkan, risiko kanker paru-paru pun meningkat pada pengguna ganja.

Merusak jantung

Mengonsumsi ganja bisa mempercepat detak jantung. Buruknya, lompatan percepatan detak jantung ini sesegera mungkin ketika ganja masuk ke dalam tubuh. Ini akan sangat berbahaya bagi seseorang yang punya risiko masalah jantung.

Merusak saraf

Penggunaan ganja secara berkepanjangan akan memengaruhi saraf. Jika Anda berhenti, maka efek ini akan benar-benar bisa Anda rasakan. Salah satunya adalah ketidaknyamanan pada sistem saraf.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini