Share

2 Tips Dasar dalam Memilih Skincare

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Rabu 12 Januari 2022 00:11 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 12 611 2530788 2-tips-dasar-dalam-memilih-skincare-kCOBtfvS2W.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

SKINCARE selalu menawarkan banyak manfaat untuk kecantikan kulit. Apa sih manfaatnya jika Anda rajin menggunakan skincare?

Dokter sekaligus Influencer Alexandra Clarine Hayes mengatakan, untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat dan berseri tidak bisa dicapai dengan cara instan. Anda memerlukan skincare di samping menerapkan gaya hidup sehat.

"Skincare penting karena ini menjaga dan merawat kesehatan kulit kita," kata Clarine.

Di samping itu, manfaat pakai skincare yakni untuk memperkuat lapisan terluar kulit atau skin barrier. Jika kulit terlindungi, maka Anda terhindar dari jerawat dan iritasi pada kulit.

Director RnD Tan Skin Cindy Suryadji menambahkan jika kulit tidak terhidrasi dengan baik, maka bisa menjadi sumber masalah kulit. Sama seperti halnya tubuh kekurangan air.

 skincare

"Kulit yang dehidrasi dapat menyebabkan kulit mudah iritasi, mudah tumbuh jerawat, dan rentan akan paparan polusi dan stresor lingkungan lainnya," ucapnya.

Dia mengatakan, ada sederet rangkaian skincare yang harus dipakai setiap hari. Terdiri dari facial wash, toner spray, day cream, dan night cream.

Nah, memakai skincare memang penting untuk merawat kulit, namun Anda tak bisa sembarangan memilih produk skincare. Apa saja tipsnya?

Sesuai kebutuhan kulit

Menurut Clarine lagi, Anda harus memilih skincare sesuai dengan kebutuhan kulit. Kalau tidak, apa yang Anda lakukan akan sia-sia.

"Karena kalau tidak sesuai kebutuhan dan jenis kulit ya manfaatnya tidak akan terlihat," tambahnya.

Perhatikan kandungannya

Pastikan bahwa kandungan yang ada dalam skincare tersebut bukan senyawa yang sensitif terhadap kulit kita. Lihat dulu ingredients dari skincare yang akan Anda pakai.

"Kalau ada suatu ingredients tertentu yang sensitif terhadap kulit kita jangan dipakai. Misalnya, gak cocok dengan retinol, ya gunakan bahan atau alternatif lain selain retinol," terangnya.

Registrasi BPOM

 

Ladies, Anda perlu ingat saat hendak membeli skincare. Kini banyak mereka skincare baru dan asing di telinga. Pastikan kalau skincare yang akan Anda gunakan teregistrasi Badan Pengawas Obat dan Makanan.

"Sebagai konsumen atau pengguna skin caare kita harus lebih teliti ya. Jangan sampai menimbulkan masalah pada kulit karena menggunakan skin care yang belum lulus uji Badan POM," imbau dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini