Share

4 Langkah Paling Efektif Cegah Jerawat

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 12 Januari 2022 16:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 12 611 2531166 4-langkah-paling-efektif-cegah-jerawat-xYr0kon1GV.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SALAH satu masalah kulit yang sering terjadi dan paling menyebalkan adalah jerawat. Bukan tanpa sebab, jerawat biasanya muncul di wajah, meskipun dalam kasus tertentu bisa muncul di mana saja, memang akan merusak penampilan.

Jerawat pun bukan hanya terjadi pada mereka yang berusia remaja tapi juga mereka yang sudah dewasa. Banyak hal yang menyebabkan seseorang berjerawat, antara lain tidak bersih dalam menghapus makeup, kulit berminyak atau kulit yang kotor.

Beragam metode dan praktek bisa diaplikasikan untuk mengatasi jerawat. Berikut adalah 4 langkah mudah jerat jerawat dari Y.O.U Acneplus seperti dilansir dari Antara.

Jerawat

Cuci muka secara berkala

Dua di antara faktor penyebab jerawat adalah produksi minyak (sebum) berlebih dan sumbatan pada folikel rambut oleh kulit mati dan sebum. Oleh karena itu, mencuci muka secara berkala bermanfaat untuk mengangkat minyak serta kotoran yang menempel pada kulit. Pastikan juga untuk menggunakan sabun yang lembut dan khusus berjerawat.

Kurangi menyentuh wajah

Tangan menjadi bagian tubuh yang paling sering digunakan dalam berbagai aktivitas. Meskipun tidak terlihat kotor, namun jari-jemari dapat menjadi sumber kuman dan bakteri yang akhirnya menyebabkan infeksi kulit dan menimbulkan jerawat.

Selain menimbulkan jerawat, menyentuh wajah dapat memperparah kondisi jerawat kita. Pastikan untuk selalu mencuci tangan dengan bersih saat ingin menyentuh area kulit wajah.

Perbanyak air putih

Selain baik untuk metabolisme tubuh, air putih memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kulit. Konsumsi air putih yang rutin dapat mendorong proses detoksifikasi tubuh dari kotoran dan racun yang perlu dibuang oleh tubuh, termasuk lemak yang menjadi salah satu pemicu jerawat di kulit.

Konsumsi air putih 8-10 gelas per hari dan tingkatkan lagi saat jerawat meradang. Selain membuat jerawat segera pulih, konsumsi air putih dapat meningkatkan kelembaban wajah.

Perbaiki pola makan dan perhatikan kandungan gizi

Konsumsi makanan yang kurang sehat menjadi salah satu sumber dari munculnya jerawat. Kandungan minyak yang terdapat di dalam makanan dapat mendorong kulit bereaksi yang menghasilkan sebum secara berlebih.

Hal ini perlu diwaspadai bagi Anda yang memiliki tipe jenis kulit acne-prone karena akan sangat mudah memicu timbulnya jerawat. Oleh karena itu, selalu imbangi konsumsi makanan yang bergizi dan kaya akan serat untuk kulit yang lebih sehat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini