Share

5 Cara Atasi Kulit Kepala Gatal Akibat Jerawat

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 13 Januari 2022 07:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 12 611 2531316 5-cara-atasi-kulit-kepala-gatal-akibat-jerawat-bV405Dzltu.jpeg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

KULIT kepala gatal tidak membiarkan Anda melakukan apa pun tetapi apakah Anda menggaruk kulit kepala tanpa henti? Cari tanda-tanda jerawat, ketombe, dan kekeringan. Jerawat di kulit kepala bisa disebabkan oleh kulit kepala yang berminyak dan sel-sel kulit mati yang tidak mau pergi.

Juga, ini musim hujan sehingga Anda akan memiliki lebih banyak masalah terkait rambut untuk ditangani. Pastikan untuk mengawasi kesehatan rambut Anda yang berarti hubungi dokter kulit Anda karena jerawat ini bisa muncul karena bakteri, infeksi jamur, atau kebiasaan gaya hidup yang tidak sehat juga.

Bahkan di saat-saat terbaik, kita semua akan menggunakan beberapa tip dasar untuk memastikan bahwa kita tidak mengundang lebih banyak jerawat. Melansir laman Pinkvilla pada Kamis (13/1/2022), berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menenangkan dan merawat kulit kepala yang gatal akibat jerawat.

Jangan memencet jerawat

Kulit Kepala Gatal

Ini dapat memperburuk kedalaman jerawat Anda dan membiarkan bakteri menemukan tempat berlindung yang permanen. Itu bisa masuk dalam mode gatal selamanya.

Baca Juga : 4 Tips Cegah Jerawat Muncul di Kepala

Cuci rambut secara teratur

Keramas setidaknya dua kali seminggu dan lakukan tiga kali jika Anda memiliki produksi minyak berlebih atau Anda seorang gym-goer. Carilah sampo yang mengandung arang aktif, oatmeal, dan lidah buaya dan busakan dengan baik. Cuci bersih dan bersihkan dengan air hangat.

Baca Juga : Alami Jerawat di Kulit Kepala, Kenali Jenis Sampo yang Tepat

Basmi ketombe

Apakah Anda melihat terlalu banyak serpihan yang merayap? Waspada ketombe! Jangan biarkan rambut Anda melihat salju sepanjang tahun. Kurangi asupan gula, andalkan minyak pohon teh, cuka sari apel, amla, dan fenugreek. Bahan-bahan ini dimasukkan ke dalam produk rambut atau masker DIY dapat membantu melawan ketombe dan mengurangi penampilannya.

Katakan tidak pada perawatan rambut kimiawi

Kulit Kepala Gatal

Baik itu warna-warna mewah, spa rambut, atau pijat minyak rambut. Apa pun yang tetap melekat pada kulit Anda ketika Anda sudah memiliki jerawat di kulit kepala Anda adalah ide yang buruk. Hal ini dapat memicu timbulnya jerawat yang ada. Jadi, berikan waktu dan mintalah pendapat ahli sebelum Anda kembali melakukan perawatan.

Coba masker rambut DIY

Cobalah masker rambut DIY yang membuat proses pengelupasan kulit menjadi mudah. Ini dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan membuat rambut Anda terhidrasi dengan baik. Lidah buaya, oatmeal, kopi, dan pisang, gunakan bahan-bahan ini dengan hemat dan siapkan resep dua kali seminggu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini