Awas, Konsumsi 4 Makanan Ini Bisa Sebabkan Kesemutan!

Siska Permata Sari, Jurnalis · Kamis 13 Januari 2022 12:39 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 13 481 2531583 awas-konsumsi-4-makanan-ini-bisa-sebabkan-kesemutan-5vtMvANd5L.jpeg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

HAMPIR semua orang pernah mengalami kesemutan, termasuk Anda bukan? Seseorang yang mengalami kesemutan biasanya merasakan sensasi seperti tertusuk-tusuk jarum di bagian tangan atau kaki. Meski sementara, tapi kadang-kadang cukup menganggu dan membuat tidak nyaman.

Kesemutan sendiri biasanya disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari duduk terlalu lama, mengenakan sepatu yang terlalu sempit, atau alasan medis seperti adanya masalah pada saraf. Misalnya saja, neuropati.

Neuropati ini merupakan istilah yang digunakan untuk gejala gangguan pada saraf di tubuh. Gejala yang muncul di antaranya nyeri, kesemutan, kram otot, hingga susah buang air kecil. Terkait penyebabnya, itu beragam. Mulai dari karena cedera atau mempunuai penyakit tertentu, seperti diabetes.

Nah, bagi Anda yang sering kesemutan, sebaiknya konsultasikan ke tenaga medis. Anda juga sebaiknya menghindari makanan-makanan tertentu. Seperti halnya makanan-makanan penyebab kesemutan. Apa saja sih?

Berikut makanan-makanan penyebab kesemutan seperti dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (13/1/2022).

Makanan tinggi lemak jenuh

Daging Sapi

Penyebab kesemutan pertama adalah makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi. Lemak jenuh ini banyak terdapat pada daging berlemak dan produk susu.

Makanan yang tinggi lemak jenuh dapat menyebabkan peradangan dan peningkatan risiko diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan obesitas. Untuk menurunkan risiko neuropati itu, Anda harus menerapkan diet seimbang dan konsumsi makanan rendah lemak jenuh.

Baca Juga : Sering Kesemutan Tanda Penyakit Serius, Mitos atau Fakta?

Minuman Beralkohol

Minuman dan makanan penyebab kesemutan berikutnya yakni alkohol. Sebab, selain ada neuropati diabetik, ada juga neuropati alkoholik. Jika kesemutan itu diakibatkan oleh neuropati alkoholik, maka sebaiknya Anda mulai membatasi asupan alkohol dan berhenti sampai Anda tidak memiliki gejala kesemutan lagi.

Baca Juga : Terlalu Lama Bermain Gadget, Awas Penyakit Neuropati Mengintai

Makanan asin

Makanan Cepat Saji

Selain makanan-makanan manis yang terlalu banyak gula, makanan-makanan asin juga dapat menyebabkan kesemutan. Kandungan garam yang tinggi dalam aliran darah Anda bisa membatasi aliran darah yang mengakibatkan kesemutan, terbakar, atau mati rasa di saraf Anda.

Untuk mengurangi stres pada saraf Anda, Anda harus menghindari makanan asin. Selain itu, Anda juga harus menghindari daging olahan, makanan cepat saji, dan makanan lain yang tinggi natrium.

Gula atau makanan manis

Seperti disebutkan tadi bahwa orang dengan diabetes dapat mengembangkan neuropati diabetik karena konsumsi gula atau makanan-makanan manis dengan pemanis buatan. Neuropati diabetik ini terjadi ketika kerusakan saraf disebabkan oleh diabetes. Oleh karena itu, hindarilah pemicunya seperti gula dan makanan-makanan manis.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini