Bunda Jangan Khawatir, Ini Cara Mencegah Anak Terkena Omicron

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 13 Januari 2022 15:57 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 13 481 2531720 bunda-jangan-khawatir-ini-cara-mencegah-anak-terkena-omicron-SBdoLnUnKe.jpg Varian Omicron (Foto: DW)

VARIAN Omicron sudah masuk di berbagai wilayah termasuk Indonesia. Bahkan jumlah pasien akibat Omicron pun merangkak.

Namun Bunda jangan khawatir, seorang dokter memberikan berbagai cara mencegah anak terjangkit Omicron.

Dr. Allison Messina, kepala penyakit menular di Johns Hopkins All Children's Hospital di St. Petersburg, Florida, dan Dr. Sarah Ash Combs, dari Children's National Hospital di Washington, DC memberikan memberikan cara mencegah anak terkena Omicron. Simak yuk!

 pastikan anak pakai masker

1. Perhatikan masalah Omicron

Varian omicron jarang terjadi di antara anak-anak, namun jangan meremehkan. Tetapi para ahli kesehatan mengatakan, orang muda tidak kebal dari virus, atau dari penyakit parah dan kematian.

"Saya pribadi telah melihat banyak anak yang sebelumnya sehat terkena Covid-19. Saya pikir sebagai orang tua, Anda ingin melakukan apa pun yang Anda bisa untuk mencegah anak Anda dalam situasi itu," kata Ash Combs seperti dikutip dari ABC News, Senin.

Dengan hadirnya Omicron, para ahli kesehatan mengatakan peningkatan jumlah kasus dan rawat inap di antara anak-anak bukan karena varian menyerang mereka tetapi lebih mungkin karena fakta sebagian besar anak di bawah usia 18 tahun masih belum divaksinasi.

2. Anak wajib pakai masker

Seiring penyebaran Omicron semua orang, termasuk anak-anak harus mengenakan masker saat berada di tempat umum, terutama di ruang dalam ruangan seperti toko kelontong.

Dia menganjurkan anak-anak juga tetap mengenakan masker ke sekolah baik yang divaksinasi maupun belum karena benda itu memberikan perlindungan multi-level.

Selain itu, mengikuti protokol kesehatan seperti mencuci tangan dan menjaga jarak juga penting dilakukan.

3. Kurangi pertemuan

Jika keluarga Anda berkumpul dengan orang-orang di luar rumah tangga Anda, perlindungan terbaik yakni memastikan semua orang yang berhubungan dengan keluarga Anda telah divaksinasi.

Messina mengatakan keluarga juga harus mempertimbangkan untuk mengurangi kegiatan sosial mereka. Dia menyarankan Anda bersikaplah sedikit lebih berhati-hati.

"Di saat seperti ini dengan hadirnya Omicron, ketika kita melihat begitu banyak kasus sekarang dan kita mungkin benar-benar belum mencapai puncaknya, inilah saatnya untuk lebih memperhatikan membatasi waktu pertemuan besar, setidaknya sampai jumlah kasus mulai menurun," kata dia.

 Baca juga: WHO Sebut Varian Omicron Sudah Kuasai Hampir 60% Pasien Covid-19

4. Selalu menjaga kebersihan

Sejak awal pandemi, banyak orang membersihkan semua yang berhubungan dengan anak-anak, tetapi para ahli mengatakan sekarang setelah kita tahu lebih banyak tentang virus, orang tua tidak perlu sampai mengelami stres.

"Kami tahu Covid-19 tidak ditularkan dengan sangat baik oleh apa yang kami sebut fomites, benda mati yang Anda sentuh. Saya rasa kita tidak perlu panik seperti yang kita lakukan pada awal-awal terhadap bahan makanan dan surat-surat," tutur Ash Combs.

Para ahli kesehatan mengatakan, selalu menjadi ide baik untuk mengajari anak-anak menjaga kebersihan tangan yang baik, termasuk sering mencuci tangan setidaknya selama 20 detik.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini