Epidemiolog Jelaskan Cara Lonjakan Kasus Covid-19 Terjadi

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 13 Januari 2022 18:29 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 13 481 2531835 epidemiolog-jelaskan-cara-lonjakan-kasus-covid-19-terjadi-8JhIB1ibNt.jpg Varian Omicron (Foto: Kalinga TV)

EPIDEMIOLOG dari Universitas Griffith, Australia, Dicky Budiman menjelaskan bagaimana proses Covid-19 bisa melonjak di suatu negara. Menurutnya potensi ledakan kasus sangat bisa terjadi, meski prosesnya akan sedikit lebih lambat dibandingkan sebelumnya.

"Covid-19 nanti akan bersikulasi dulu di masyarakat. Dan cepat atau lambat akan menimpa atau merambat pada kelompok yang rawan yaitu yang memiliki komorbid (riwayat penyakit penyerta), lanjut usia (lansia)," kata Dicky saat dihubungi MNC Portal beberapa waktu lalu.

 omicron

Kondisi inilah yang akan menimbulkan lonjakan kasus Covid-19. Sebab masyarakat dari kelompok berisiko itu akan dites. Dengan banyaknya jumlah masyarakat yang dites, maka potensi orang yang memerlukan layanan kesehatan akan meningkat.

Selain itu, orang yang masuk kategori kasus kontak, kontak erat, karantina, dan isolasi juga pasti akan meningkat. Bahkan jika 3T (Testing, Tracing, Treatment) memadai, maka akan jauh lebih banyak kasus Omicron daripada varian Delta sebelumnya.

 Baca juga: Kasus Covid-19 Bertambah 793, DKI Jakarta Jadi Provinsi Tertinggi

"Kita harus meresponsnya dengan menyediakan lebih banyak fasilitas isolasi karantina di level terbawah. Supaya ini bisa menjadi buffer atau triase, jangan sampai banyak ke rumah sakit," tuntasnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini