4 Cara Tingkatkan Imunitas untuk Lawan Varian Omicron

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 13 Januari 2022 20:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 13 612 2531860 4-cara-tingkatkan-imunitas-untuk-lawan-varian-omicron-OZ3prTzO3A.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

VARIAN Omicron yang masuk ke Indonesia memang wajib diwaspadai. Pasalnya, varian Omicron memang telah menyebabkan lonjakan kasus positif Covid-19 di sejumlah negara, karena sifatnya yang mudah menyebar.

Memang, varian Omicron diklaim tidak lebih berbahaya dari varian Delta. Tapi, hal itu hanya terjadi bagi mereka yang memiliki imunitas yang cukup untuk melawan virus tersebut. Oleh karena itu, meningkatkan imunitas untuk menghadapi varian Omicron sangat penting.

Agar imunitas tubuh Anda kuat untuk melawan kuman penyebab penyakit, termasuk virus Corona, semua cara berikut perlu dilakukan secara konsisten. Inilah beberapa cara yang perlu dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh seperti dilansir dari Highend.

Berolahraga secara teratur

Jaga imunitas

Rutin berolahraga selama 30 menit setiap hari atau minimal 3–5 kali seminggu diketahui dapat meningkatkan reaksi kekebalan tubuh dalam melawan infeksi. Pilihlah olahraga yang sesuai kemampuan Anda dan mudah dilakukan selama masa pandemi, seperti berjalan kaki, jogging, atau bersepeda di sekitar rumah.

Jika ingin menghindari kerumunan, Anda juga bisa berolahraga di dalam rumah, misalnya melakukan senam aerobik, yoga, atau stretching.

Perbanyak makan sayur dan buah

Jaga imunitas

Untuk menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh, kamu disarankan banyak mengkonsumsi sayur dan buah. Penelitian menunjukkan, orang yang banyak mengonsumsi kedua jenis makanan ini, cenderung tidak mudah sakit.

Hal ini karena vitamin dan mineral yang terkandung dalam sayur dan buah mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh dalam melawan virus dan bakteri penyebab penyakit.

Berjemur

Jaga imunitas

Cara meningkatkan daya tahan tubuh berikutnya adalah berjemur. Hasil studi menyebutkan bahwa sinar matahari dapat memicu produksi vitamin D yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Oleh karena itu, berjemurlah setidaknya 3 kali seminggu selama 10–15 menit, terutama pada pukul 09.00–10.00 pagi.

Tidur yang cukup

Jaga imunitas

Tidur yang cukup memberi ruang untuk sistem kekebalan tubuh bekerja optimal. Orang dewasa disarankan untuk tidur 7-8 jam sehari.

Saat kurang tidur, tubuh akan cenderung lelah dan stres sehingga membuat sistem imun melemah. Tidur siang selama 30 menit juga dapat meredakan stres dan baik untuk kesehatan.

Ingin tahu lebih lanjut tentang first class Lifestyle, silakan klik HighEnd-Magazine.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini