Share

Tak Perlu Obat, Turunkan Kolesterol Anda dengan 5 Bahan Alami Ini

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 13 Januari 2022 19:42 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 13 612 2531865 tak-perlu-obat-turunkan-kolesterol-anda-dengan-5-bahan-alami-ini-FOfHsrYHzH.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SERANGAN jantung dan stroke biasanya disebabkan kolesterol tinggi dalam tubuh seseorang. Banyak orang kemudian memilih obat penurun kolesterol ketika kolesterol mereka kambuh.

Tapi, kolesterol sebenarnya bisa diturunkan menggunakan herbal alami. Beberapa produk herbal telah diteliti dan menghasilkan cukup bukti dapat mengurangi kolesterol secara klinis.

Hanya saja, perlu untuk berkonsultasi terlebih dahulu pada ahli kesehatan sebelum mencoba perawatan alternatif menggunakan herbal. Sebab beberapa herbal memiliki kandungan yang dapat mengganggu pengobatan tertentu dan menimbulkan efek samping berbahaya.

Merangkum dari Health Line, berikut lima herbal yang dapat digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Kolesterol

Bawang putih

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bawang putih dapat membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi kadar kolesterol darah, serta memperlambat perkembangan aterosklerosis. Beberapa penelitian menemukan bahwa mengonsumsi bawang putih selama 1 hingga 3 bulan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah.

Beras ragi merah

Beras ragi merah adalah obat tradisional Tiongkok sekaligus sebagai bahan masakan. Sesuai dengan namanya, beras ragi merah dibuat dengan membudidayakan beras merah dengan ragi. Beras ragi merah mengandung monacolin K. Zat ini secara kimiawi identik dengan bahan aktif dalam obat penurun kolesterol lovastatin. Beras ragi merah yang mengandung zat ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah.

Flax seed atau biji rami

Biji rami berasal dari tanaman rami. Baik biji rami dan minyak biji rami mengandung asam alfa-linolenat (ALA) tingkat tinggi yang merupakan asam lemak omega-3 yang dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Penelitian tentang manfaat biji rami untuk kesehatan jantung telah menghasilkan hasil yang beragam.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa biji rami dapat membantu menurunkan kolesterol, terutama di antara orang-orang dengan kadar kolesterol tinggi dan wanita pascamenopause.

Minyak ikan dengan asam lemak omega-3

Asam lemak omega-3 dapat ditemukan dalam ikan dan minyak ikan. Salmon, tuna, trout danau, herring, sarden, dan ikan berlemak lainnya. Para ahli percaya bahwa asam lemak omega-3 dalam ikan membantu mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Kombinasi nutrisi tersebut dan asam lemak omega-3, dapat membantu melindungi jantung.

Suplemen tanaman sterol dan stanol

Sterol dan stanol adalah zat yang ditemukan di banyak buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, biji-bijian, dan tanaman lainnya. Beberapa makanan olahan juga diperkaya dengan sterol atau stanol, seperti margarin yang diperkaya, jus jeruk, atau produk yogurt.

Sterol dan stanol tanaman dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Zat ini membantu mencegah usus kecil menyerap kolesterol. Kabar baiknya, zat ini juga dapat menurunkan kadar kolesterol LDL (jahat) dalam darah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini