Share

3 Cara Kurangi Mata Minus Secara Alami Tanpa Operasi Lasik

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 13 Januari 2022 20:42 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 13 612 2531879 3-cara-kurangi-mata-minus-secara-alami-tanpa-operasi-lasik-mDdT3R1qL5.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

ADA beberapa kebiasaan buruk yang kita lakukan kemudian berdampak pada kesehatan mata. Membaca di penerangan yang kurang, kekurangan vitamin A ataupun mata yang terlalu lemah karena penggunaan gadget memang bisa membuat mata minus.

Ketika seseorang sudah mengalami mata minus, maka penggunaan kacamata dan lensa kontak menjadi alternatif agar seseorang dapat kembali melihat. Operasi lasik juga bisa menjadi pilihan untuk menyembuhkan mata minus, namun cara ini membutuhkan biaya yang cukup mahal.

Tapi tahukah Anda ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi mata minus secara alami. Cara ini mungkin tidak akan menyembuhkan mata secara instan, namun setidaknya dapat mencegah perburukan yang mungkin akan terjadi.

 

Latihan Mata

Latih mata setiap hari untuk meningkatkan penglihatan. Cara ini akan membutuhkan lebih dari 5 sampai 10 menit untuk melatih mata. Latihan akan membantu meningkatkan penglihatan dan kekuatan otot mata.

Seseorang juga bisa melakukan beberapa latihan ringan di sela-sela pekerjaan, misalnya, mengedipkan mata lebih sering dan fokus pada objek yang jauh untuk waktu yang lama. Langkah-langkah ini bisa bermanfaat dalam merilekskan mata.

Mata Minus

Perkaya Asupan Makanan

Konsumsi makanan kaya akan nutrisi yang ramah untuk mata agar dapat meningkatkan penglihatan. Beta-karoten yang ada dalam wortel dapat membantu meningkatkan penglihatan. Sebagian besar buah dan sayuran juga mengandung semua nutrisi yang bermanfaat bagi mata.

Beberapa nutrisi ini juga membantu dalam mencegah degenerasi. Makanan kaya vitamin A/C/E adalah yang terbaik untuk kesehatan mata. Tetapi perawatan juga harus dilakukan agar seseorang tidak terlalu banyak mengonsumsi vitamin A.

Berikan Istirahat untuk Mata

Pastikan mata mendapatkan istirahat yang cukup setiap hari, baik di tempat kerja maupun di rumah. Tujuannya adalah mengurangi stres dan ketegangan pada mata. Salah satunya adalah cukup tidur. Ketika berada di tempat kerja, berikan waktu istirahat untuk mengistirahatkan mata.

Seseorang dapat mengistirahatkan mata dari pekerjaan setiap 20 menit sekali. Anda hanya perlu meninggalkan meja selama 1 atau 2 menit dan berjalan-jalan. Akan lebih baik untuk keluar ruangan dan melihat hal-hal di kejauhan. Cara ini dapat membantu dalam merilekskan lensa mata.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini