Share

5 Mie Ayam Legendaris di Jakarta, Lezat dan Rasanya Otentik!

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 14 Januari 2022 12:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 14 298 2532030 5-mie-ayam-legendaris-di-jakarta-lezat-dan-rasanya-otentik-k1qPHBzUpM.jpg Mie Ayam Legendaris di Jakarta (Foto: @bakmiayamacang/Instagram)

MIE ayam jadi salah satu jajanan yang umum ditemui di Indonesia. Selain rasanya yang enak, harganya pun dibanderol relatif terjangkau. Penjualnya mulai dari kaki lima hingga restoran ternama.

Nah, keberadaan mie ayam di Indonesia sendiri sudah sangat lama lho. Bahkan hingga kini beberapa mie ayam legendaris dapat Anda temukan di Jakarta. Tak heran, jika Anda datang ke salah satunya akan membuat antrean yang cukup panjang.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini lima mie ayam legendaris di Jakarta. Kalau belum tahu, Anda wajib coba.

1. Mie Ayam Gondangdia

Mie Ayam Legendaris di Jakarta

(Foto: YouTube/KabarPenumpang Channel)

Bagi para penikmat mie ayam di Jakarta, tentunya sudah tidak asing lagi dengan mie ayam Gondangdia salah satu yang legendaris, karena sudah ada sejak 1968.

Lokasinya berada di Jalan RP. Soeroso, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat. Mie ayam satu ini punya rasa yang otentik di lidah para pencintanya. Tekstur mie-nya lembut dan agak tipis, ditambah dengan topping potongan daging ayam kecap, pangsit rebus dan goreng serta sawi, juga ditambah taburan bawang daun membuatnya semakin lezat.

Warung mie ayam Gondangdia kini menyesuaikan dengan perubahan zaman, Anda dapat duduk di kursi dan meja yang tersedia. Tempatnya juga tidak panas dan Anda akan terasa nyaman saat menyantap menu andalannya ini.

Baca Juga : Ini Dia Mie Ayam Langganan Nia Ramadhani, Penjelajah Kuliner Wajib Melipir!

2. Mie ayam Tropik

Mie Ayam Legendaris di Jakarta

(Foto: Carimakanaja)

Selanjutnya adalah bakmi tropik yang sudah ada sejak 1950, dan menjadi bagian kuliner jenis mie legendaris di Jakarta. Lokasinya ada di restoran Tropic atau tidak jauh dari gerbang Pasar Baru, Jakrta Pusat.

Restoran Tropic menyediakan menu chinese food yang rasanya cukup otentik, karena lokasi resto satu ini merupakan kawasan Pecinan di Jakarta. Nah, jika Anda datang ke sini jangan lewatkan mencicipi mie ayamnya.

Mie ayam yang disajikan di sini adalah mie yamin, yakni rasanya cenderung manis dan juga kering. Selain itu ditambah juga dengan toping daging ayam cincang yang sudah diberi bumbu kecap. Bagi Anda yang ingin sedikit basah, bisa ditambahkan kuah kaldunya yang disajikan terpisah.

Baca Juga : Tante Ernie Kulineran, Jajal Makan Mie Ayam Legendaris di Pasar Minggu

3. Bakmi Acang

Mie Ayam Legendaris di Jakarta

(Foto: @bakmiayamacang/Instagram)

Mie Ayam legendaris selanjutnya yaitu aadalah bakmi Acang, yang berlokasi di Jalan Dr. Susilo, Grogol, Jakarta Barat yang sudah ada sejak 1969. Rasanya hingga kini masih otentik dan banyak diburu para penikmat mie di Jakarta.

Bakmi ini punya topping ayam rebus yang diiris dan ukurannya cukup besar, karena umumnya diberi topping ayam kecap atau ayam kuning. Selain itu bakmi Acang memiliki tekstur mie yang lembut dan kenyal. Ditambah kuah kaldu, sayuran dan bakso sebagai topping pelengkapnya, mie ini cocok dinikmati saat musim hujan.

4. Mie ayam Blo'on

Mie Ayam Legendaris di Jakarta

(Foto: @kwekbox/Instagram)

Mie ayam Blo'on berelokasi di sekitar Gereja Theresia, Menteng, Jakarta Pusat termasuk yang legendaris karena sudah ada sejak 1969. Hingga kini mie ayam tersebut masih eksis, dan pelanggannya pun tak pernah melewatkan menyantapnya.

Tekstur mie-nya lembut, kenyal dan ada rasa asin gurih. Kemudian diberi topping daging ayam cincang dimasak manis, baso, pangsit rebus dan sawi hijau sebagai pelengkapnya.

5. Bakmi A Boen

Mie Ayam Legendaris di Jakarta

(Foto: @silvichilviiii/Instagram)

Lalu kuliner mie legendaris selanjutnya adalah bakmi A Boen yang sudah ada sejak 1962. Lokasinya berada di Pintu Air V No.55G, Pasar Baru,Sawah Besar, Jakarta Pusat. Namun perlu diingat, kalau bakmi satu ini non halal karena toppingnya menggunakan babi char siu dan babi goreng. Kemudian ditambah daging ayam cincang, bakso sapi dan pelengkapnya adalah pangsit goreng.

Tekstur mie-nya berbeda dari yang lain, yaitu lebih licin kemudian saat dimakan terasa lembut namun teksturnya kenyal. Menariknya, mie satu ini dibuat sendiri oleh penjualnya lho, alias fresh. Sebagai pengetahuan, nama bakmi sendiri sudah ada sejak dulu yaitu artinya mie babi. Ini karena 'bak' merupakan bahasa Tiongkok berarti daging babi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini