Ilmuwan Polandia Temukan Gen Covid-19 yang Sebabkan Penyakit Parah

Hasyim Ashari, Jurnalis · Jum'at 14 Januari 2022 08:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 14 481 2531994 ilmuwan-polandia-temukan-gen-covid-19-yang-sebabkan-penyakit-parah-kSUo91lXh1.jpg Ilustrasi gen covid-19. (Foto: Kjparteger/Freepik)

ILMUWAN Polandia berhasil menemukan gen dari covid-19 yang menjadi penyebab risiko penyakit parah. Mereka berharap penemuan tersebut dapat membantu para dokter atau tenaga medis mengidentifikasi orang yang berisiko terkena virus corona.

Menteri Kesehatan Polandia Adam Niedzielski mengatakan dengan adanya penemuan ini berarti memberi jalan terang di masa depan untuk mengidentifikasi orang-orang dengan kecenderungan menderita serius dari covid-19 lebih mudah.

Baca juga: Studi: Konsumsi 7 Gram Minyak Zaitun Setiap Hari Kurangi Risiko Kematian Akibat Penyakit Mematikan 

Baca juga: Begini Cara Daftar Vaksin Booster Covid-19 dan Cek Tiket di PeduliLidungi 

"Setelah lebih dari 1,5 tahun bekerja, dimungkinkan mengidentifikasi gen yang bertanggung jawab atas kecenderungan untuk menjadi sakit parah (dengan virus corona)," kata Adam Niedzielskin, seperti dikutip dari Channel News Asia, Jumat (14/1/2022).

"Ini berarti pada masa depan kita akan dapat mengidentifikasi orang-orang dengan kecenderungan untuk menderita serius dari covid," lanjutnya.

Sementara itu, para peneliti dari Medical University of Bialystok menemukan bahwa gen adalah faktor terpenting keempat yang menentukan seberapa serius seseorang menderita covid-19, setelah usia, berat badan, dan jenis kelamin.

Baca juga: Vaksinasi Booster Dimulai Besok, Menkes Pastikan Stok Vaksin Cukup 

Baca juga: Ini Pentingnya Vaksinasi Booster di Tengah Ancaman Omicron 

Gen yang diteliti tersebut diambil di sekira 14 persen populasi Polandia, dibandingkan dengan 8–9 persen di Eropa secara keseluruhan dan 27 persen di India. Penelitian lain juga menunjukkan pentingnya faktor genetik dalam seberapa serius covid-19 berkembang.

Pada bulan November 2021, para ilmuwan Inggris mengatakan mereka telah mengidentifikasi versi gen yang mungkin terkait dengan dua kali lipat risiko gagal paru-paru akibat covid-19.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini