Tanda-Tanda Kehamilan yang Sehat di Usia 7 Minggu

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 14 Januari 2022 20:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 14 481 2532294 tanda-tanda-kehamilan-yang-sehat-di-usia-7-minggu-IyhPupweK2.jpeg Tanda-tanda kehamilan sehat di usia 7 minggu (Foto: Babycenter)

TANDA-tanda kehamilan yang sehat di usia 7 minggu, sudah tahu belum nih calon ibu? Di artikel ini kita akan membahasnya, simak ya.

Minggu ke 7 dalam kehamilan Anda adalah periode perubahan penting bagi Anda dan bayi Anda. Meskipun tidak banyak yang terlihat dari luar, di dalam tubuh Anda sedang mempersiapkan untuk mengasuh anak Anda selama beberapa bulan ke depan.

Setiap perkembangan atau gejala baru membawa Anda selangkah lebih dekat untuk bertemu bayi Anda. Jika Anda mengalami salah satu atau beberapa dari gejala di bawah ini, bisa dipastikan bahwa kehamilan Anda normal dan tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Indera penciuman yang meningkat

Tanda-Tanda Kehamilan yang Sehat di Usia 7 Minggu

(Tanda-Tanda Kehamilan yang Sehat di Usia 7 Minggu, Foto: Babycenter)

Banyak wanita yang baru hamil menemukan bahwa mereka kewalahan oleh bau-bauan yang memicu muntah. Ini mungkin merupakan efek samping dari peningkatan pesat kadar estrogen dalam sistem Anda.

Anda bahkan mungkin menemukan bahwa pasangan, hewan peliharaan, atau rumah Anda sekarang berbau tidak sedap. Tapi tenang, indra penciuman yang meningkat ini bersifat sementara, dan kemungkinan akan memudar setelah awal kehamilan.

Baca Juga : Ibu Hamil Harus Minum 10 Gelas Tiap Hari, Ini 3 Minuman yang Paling Aman

Tidak nafsu makan

Anda mungkin tiba-tiba menemukan bahwa makanan tertentu yang dulu Anda nikmati sekarang benar-benar menjijikkan bagi Anda. Keengganan makanan adalah efek samping lain dari peningkatan kadar estrogen dengan cepat. Mereka sering mulai selama trimester pertama dan hilang pada detik kedua, meskipun mungkin nafsu makan Anda bisa rusak sampai bayi Anda lahir.

Sering ingin buang air kecil

Tanda-Tanda Kehamilan yang Sehat di Usia 7 Minggu

(Tanda-Tanda Kehamilan yang Sehat di Usia 7 Minggu, Foto: Babycenter)

Ingin buang air kecil lebih sering adalah salah satu tanda awal kehamilan yang paling umum. Pada tahap ini kemungkinan disebabkan oleh perubahan hormonal yang membuat aliran darah ke ginjal lebih cepat, sehingga kandung kemih lebih sering terisi.

Baca Juga : 8 Bawaan Hamil Bayi Perempuan, Lengkap dengan Mitos dan Faktanya!

Perubahan suasana hati

Banyak wanita hamil menemukan bahwa kemurungan meningkat sekitar 6 hingga 10 minggu. Emosi yang memantul kemungkinan disebabkan oleh stres, kelelahan, dan perubahan hormonal. Ada juga berbagai perasaan yang mungkin Anda miliki tentang menjadi orang tua.

Air liur berlebihan

Perubahan hormon, mual, dan mulas dapat menyebabkan Anda mengeluarkan lebih banyak air liur selama kehamilan. Untuk mengatasinya, cobalah menyikat gigi lebih sering, makan dalam porsi kecil dan seimbang, serta banyak minum air putih. Juga, mengisap permen keras atau permen karet dapat membantu Anda menelan.

Sembelit

Tanda-Tanda Kehamilan yang Sehat di Usia 7 Minggu

(Tanda-Tanda Kehamilan yang Sehat di Usia 7 Minggu, Foto: Babycenter)

Hingga setengah dari wanita mengalami sembelit di beberapa titik selama kehamilan. Ini terjadi karena hormon kehamilan mengendurkan otot-otot halus di tubuh, yang berarti makanan bergerak melalui sistem Anda lebih lambat.

Anda dapat memerangi sembelit dengan makan makanan berserat tinggi (seperti biji-bijian, buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan), minum banyak air, berolahraga, mencoba vitamin prenatal yang berbeda, dan selalu pergi ke kamar mandi ketika Anda merasakan dorongan.

Maag

Mulas (juga dikenal sebagai gangguan pencernaan asam atau refluks asam) adalah sensasi terbakar antara tenggorokan bagian bawah dan bagian bawah tulang dada. Ini sangat tidak nyaman dan sayangnya tidak dapat dihindari untuk beberapa ibu hamil.

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi mulas: hindari makanan dan minuman yang membuat perut Anda sakit, makan dalam porsi kecil, minum air di antara waktu makan, bukan saat makan, mengunyah permen karet, tidur dengan bersandar, dan tidak makan dalam waktu dua atau tiga jam sebelum tidur.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini