Share

Indonesia Butuh Molnupiravir Guna Tangani Covid-19

Siska Permata Sari, Jurnalis · Jum'at 14 Januari 2022 16:46 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 14 481 2532345 indonesia-butuh-molnupiravir-guna-tangani-covid-19-lzN9oVpguG.jpg Pandemi Covid-19 (Foto: Bussines standard)

PENYEBARAN Covid-19 varian Omicron di Indonesia semakin bertambah. Untuk menghadapi gelombang Omicron, pemerintah saat ini berupaya menjamin ketersediaan obat Covid-19 dalam negeri.

Pihak Kementerian Kesehatan (Kemenmes) sendiri saat ini telah mengamankan 400 ribu tablet molnupiravir yang sudah disiapkan oleh PT Amarox. Rencananya, PT Amarox juga akan memproduksi sendiri molnupiravir pada April atau Mei 2022.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, betapa pentingnya ketersediaan obat Covid-19 untuk membantu penanganan pandemi di Indonesia.

 Menkes

"Beberapa varian obat yang pasti kita butuhkan adalah obat-obat anti virus seperti favipiravir dan juga molnupiravir. Kalau kita bisa dengan segera mendapat akses ke obat-obat tersebut akan sangat membantu untuk penanganan Covid-19 ini,” kata Menkes Budi usai peresmian PT Amarox Pharma Global di kawasan Delta Silicon 3, Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi, Jumat (14/1/2022).

Dia menjelaskan, Indonesia, tidak hanya membutuhkan ketersediaan obat Covid-19, tetapi juga pembuatan obat yang dilakukan di dalam negeri. Sebab, melihat pengalaman sebelumnya saat terjadi lonjakan kasus di beberapa negara, Indonesia justru mengalami kesulitan dari segi logistik pengiriman obat-obatan.

"Ini jadi penting sekali kalau kita bisa memproduksi obat dalam negeri dan manufacturing nya juga dibangun di sini," ujarnya.

 Baca juga: Begini Cara Mengecek Tiket untuk Dapat Vaksin Booster di Aplikasi Peduli Lindungi

Dia berharap semua produk-produk kritikal termasuk obat-obat Covid-19 dapat diproduksi di dalam negeri. “Kita akan memastikan bahwa banyak perusahaan obat dan alat kesehatan di Indonesia sehingga kalau ada pandemi selanjutnya kita tidak bergantung kepada negara lain,” kata Menkes Budi.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini