Jaga Prokes dan Tingkatkan Vaksinasi Guna Melawan Varian Omicron

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 14 Januari 2022 17:43 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 14 481 2532391 jaga-prokes-dan-tingkatkan-vaksinasi-guna-melawan-varian-omicron-urTK2xkoiT.jpg Varian Omicron (Foto: Al Arabiya)

DI tengah merebaknya varian Omicron, kita semua harus makin waspada. Jangan sampai lengah agar tak terjadi lonjakan kasus Covid-19 yang parah.

PAKAR Kesehatan sekaligus Dokter Relawan Covid-19, dr. Muhamad Fajri Adda'i menjelaskan sejumlah cara untuk melawan varian baru Covid-19 Omicron.

 jaga prokes

Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah dengan memperluas cakupan vaksinasi Covid-19. Selain itu juga masyarakat wajib menjaga protokol kesehatan (prokes).

Sebagaimana diketahui, negara-negara yang memiliki cakupan vaksinasi lengkap yang tinggi dan atau sudah mendapatkan vaksinasi booster memiliki daya proteksi yang jauh lebih tinggi.

"Jadi tetap jaga protokol kesehatan (Prokes) dan perluas vaksinasi," terang dr. Fajri.

Menurutnya, alasan mengapa varian Omicron masuk dalam kategori Varian of Concern (VOC) atau varian yang menjadi perhatian hanya dalam 17 hari setelah ditemukan. Selain itu, banyak pula negara-negara yang memutuskan untuk menutup pintu perbatasan.

"Belum pernah ada yang secepat ini, varian Delta yang dulu katanya serem, lewat jauh sama Omicron," tambahnya.

dr. Fajri juga mengajak masyarakat untuk mengapresiasi capaian vaksinasi Covid-19 di Indonesia. Per Rabu (22/12/2021) Indonesia telah berhasil melewati target vaksinasi minimal yang ditetapkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebesar 40 persen.

 Baca juga: Update Kasus Corona: Positif 4.269.740 Orang, 4.117.700 Sembuh dan 144.163 Meninggal

"Ada 60 persen populasi yang belum divaksin dosis penuh. Artinya tetap waspada karena pandemi masih ada dan siapapun masih bisa tertular," tuntas dr. Fajri.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini