Vaksin Pfizer atau Moderna, Mana yang Lebih Baik untuk Booster?

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 14 Januari 2022 12:41 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 14 612 2532137 vaksin-pfizer-atau-moderna-mana-yang-lebih-baik-untuk-booster-6vAN2LQypG.jpg Ilustrasi Vaksin Covid-19. (Foto: Freepik)

PEMERINTAH mulai memberikan vaksin ketiga atau vaksin booster, ada 5 vaksin yang digunakan setelah mendapatkan izin penggunaan darurat dari BPOM. 5 vaksin tersebut adalah CoronaVac atau Vaksin Covid-19 Bio Farma, Comirnaty dari Pfizer, Vaxzevria dan Kconecavac dari AstraZeneca, Moderna dan Zifivax.

Dari 5 vaksin tersebut, dua vaksin yakni Pfizer dan Moderna adalah vaksin yang menggunakan mRNA. Vaksin Messenger RNA atau disebut mRNA adalah vaksin yang direkayasa secara genetik untuk memberikan instruksi kepada sel Anda tentang cara membuat protein S yang ditemukan di permukaan virus Covid-19.

Setelah vaksinasi, sel kekebalan Anda mulai membuat potongan protein S dan menampilkannya di permukaan sel. Ini menyebabkan tubuh Anda membuat antibodi. Jika nanti Anda terinfeksi virus Covid-19, antibodi ini akan melawan virus tersebut.

Setelah memberikan instruksi, mRNA segera dipecah, dan tidak pernah memasuki inti sel Anda, di mana DNA Anda disimpan. Baik vaksin Pfizer-BioNTech dan Moderna pun menggunakan teknologi mRNA ini. Lantas yang menjadi pertanyaan, lebih baik mana Pfizer atau Moderna untuk booster?

Melansir CTV News Vancouver, profesor emeritus dan imunologi Universitas Simon Fraser Dr. Jamie Scott memberikan pandangan bahwa kedua vaksin tersebut sama saja. “Itu adalah vaksin mRNA, jadi sangat mirip. Saya rasa (dapat yang mana) itu tidak penting,” tuturnya.

Senada, Ahli imunologi Universitas British Columbia Dr. Kelly McNagny menyebut kedua vaksin tersebut hampir tidak memiliki perbedaan. “Perbedaan antara Pfizer dan Moderna sangat tipis, sehingga hampir tidak mungkin untuk mengatakan mana yang lebih baik,” katanya .

“Beberapa orang mungkin menyukai satu merek atau yang lain. Tapi itu tidak akan membuat perbedaan, jujur itu tidak akan berbeda,” tambah dia.

Mereka pun mendesak semua orang, yang sebelumnya terinfeksi atau tidak, untuk mendapatkan booster. Dengan mengamuknya Omicron, maka dibutuhkan vaksin booster untuk memperkuat imunitas.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini