Share

Cegah Stres, Yuk Tingkatkan Hormon Dopamin dengan Cara Berikut!

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 14 Januari 2022 14:28 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 14 612 2532217 cegah-stres-yuk-tingkatkan-hormon-dopamin-dengan-cara-berikut-2z6Q6RbuKi.jpg Mendengarkan musik (Foto: Samsung global newsroom)

DI tengah pandemi Covid-19, kadang kita merasa stres cemas dan badmood. Apalagi jika melihat kasus Covid-19 terus meningkat.

Oleh karena itu, kita harus membuat diri lebih bersemangat dan bahagia dalam menjalani berbagai aktivitas selama pandemi.

Di sisi lain, jika hormon dopamin yang dimiliki seseorang rendah, maka sering dikaitkan dengan depresi, kecanduan, skizofrenia, dan penyakit parkinson. Oleh sebab itu masyarakat diimbau untuk memperhatikan kadar hormon dopamin yang cukup selama masa pandemi Covid-19.

Merangkum dari Satgas Perubahan Perilaku @satgasperubahanperilaku, Kamis (3/5/2021), berikut lima tips yang bisa dilakukan untuk meningkatkan hormon dopamin. Yuk disimak.

 tidur

1. Istirahat yang cukup

Kurang tidur berdampak negatif pada sensitivitas dopamin pada tubuh manusia. Istirahat yang cukup setidaknya 7-9 jam sehari.

2. Konsumsi makanan yang sehat

Makanan yang kaya tirosin seperti kacang almond, telur ikan, dan ayam baik untuk meningkatkan kadar dopamin. Selain itu, yogurt dan kefir juga dapat meningkatkan produksi dopamin.

3. Lakukan meditasi

Meditasi memiliki efek positif yang terasa menenangkan untuk tubuh manusia.

4. Mendengarkan musik

Mendengarkan lagu yang menyenangkan dapat menyebabkan pelepasan dopamin di otak manusia.

 Baca juga: Vaksin Booster Gratis, Jangan Mau Jika Ada yang Tawarkan Berbayar

5. Olahraga secara teratur

Setiap kali berolahraga, otak akan melepaskan hormon dopamin. Kita rasakan melalui perasaan rileks dan gembira setelah berolahraga.

Selain itu protokol kesehatan 3M juga harus disiplin dilaksanakan. Diantaranya adalah mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, mengenakan masker, dan menjaga jarak.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini