Share

Pacar Manipulatif, Hadapi dengan 5 Cara Berikut

Tim Okezone, Jurnalis · Jum'at 14 Januari 2022 22:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 14 612 2532333 pacar-manipulatif-hadapi-dengan-5-cara-berikut-tIJ6jgN7HW.jpg Pacar manipulatif (Foto: Crello)

PUNYA pacar itu seharusnya menyenangkan sebab harapannya pacar sebagai support system. Namun terkadang seseorang malah punya pacar toxic yang manipulatif.

Hubungan yang penuh manipulasi bisa sangat merusak dan membuat hubungan cinta menjadi toxic. Sebelum hubungan makin toxic, seperti dilansir dari Pinkvilla, berikut ini cara menghadapi pacar manipulatif.

 jangan takut berkata tidak

1. Jangan takut mengatakan tidak

Jika pacar Anda memaksakan nilai dan keyakinan mereka kepada Anda, sementara tidak selaras dengan nilai Anda sendiri, inilah saatnya untuk mengatakan tidak! Jangan pernah takut mengatakan tidak dan menolaknya.

2. Dengarkan suara diri sendiri

Sangat penting untuk mendengarkan suara diri sendiri. Jika Anda merasa tidak nyaman dengan perilaku pasangan Anda, seperti mengganggu, pasif, atau agresif, inilah saatnya untuk benar-benar memperhatikan dan menilai apakah ini hubungan yang tepat untuk Anda.

3. Tetapkan batasan yang jelas

Ketika Anda memperhatikan bahwa pasangan Anda mencoba menyetir berbagai pilihan dan keputusan Anda, maka tetapkan batasan yang jelas. Jangan biarkan dia menyetir Anda dan membuatkan berbagai pilihan untuk Anda. Ingat, Anda adalah orang dewasa yang mampu berpikir dan bikin keputusan!

4. Jangan bucin, pakai logika

Ketika Anda memperhatikan bahwa pacar Anda mencoba memanipulasi Anda secara emosional, maka observasi perilakunya. Jangan bucin menuruti apapun kemauannya. Cobalah pakai logika Anda agar tak terjebak dalam badai emosinya.

5. Putuskan dia

Jika Anda masih bersama dia, dan dia terus-menerus memanipulasi Anda, bahkan saat Anda sudah menegurnya, mungkin saatnya Anda meninggalkannya. Ingat, sangat tidak baik untuk bertahan dalam suatu hubungan ketika Anda sedang dimanipulasi dan dilecehkan secara fisik atau emosional.

Anda berhak hidup sehat secara fisik dan mental, juga bahagia. Dan Anda wajib mencintai diri sendiri.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini