Sering Mengalami BAB Berdarah, Coba Atasi dengan Cara Ini

Tim Okezone, Jurnalis · Jum'at 14 Januari 2022 18:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 14 612 2532408 sering-mengalami-bab-berdarah-coba-atasi-dengan-cara-ini-GUozCkgGqA.jpg BAB (Foto: Pixabay)

MAKAN banyak serat sangat penting dilakukan sebab makanan penuh serat mencegah kita dari mengalami gangguan saluran pencernaan. Salah satunya mengalami buang air besar (BAB) berdarah.

BAB berdarah dikenal sebagai pendarahan dubur atau hematochezia. Ini terjadi saat darah mengalir lewat anus yang bercampur dengan kotoran.

Penyebab yang terjadi pun beragam. Bisa wasir internal, kanker usus besar, divertikulitis, penyakit radang usus dan polip remaja yang dapat menyebabkan darah dalam tinja.

Dilansir dari Boldsky, terdapat obat rumahan guna mengatasi BAB berdarah.

madu

1. Madu

Jika penyebab pendarahan adalah infeksi atau kondisi lain yang menyebabkan gatal dan luka pada dubur, madu dapat membantu meredakan gejala-gejala ini. Karena madu adalah obat alami untuk luka dan memiliki efek antibakteri. Jadi, madu dapat membantu mengurangi rasa sakit, gatal, serta pendarahan dubur.

2. Perbanyak minum air putih

Minum air putih yang cukup dapat mengendurkan tinja dan membuatnya mudah untuk keluar. Darah dalam tinja disebabkan oleh wasir atau fistula anus. Jika kekurangan air dalam tubuh, maka dapat mengeraskan tinja.

Oleh karena itu, karena tekanan selama buang air besar, tinja yang keras menyebabkan mikro-air di kulit dekat anus atau di lapisan usus yang menyebabkan pendarahan. Oleh karena itu, minumlah air sekitar 2,5 hingga 3 liter air sehari.

3. Es batu

Es Batu dapat membantu mengurangi pendarahan dengan menyempitkan otot dan mengurangi aliran darah juga mengurangi perdarahan rektum serta gejala terkait lainnya. Karena sifat es batu itu sendiri yang dapat membantu mengurangi peradangan serta meredakan rasa gatal dan nyeri. Kamu bisa melakukannya dengan cara membungkus es batu menggunakan selembar kain atau kantong plastik dan oleskan pada daerah yang gatal atau nyeri, tidak lebih dari 20 menit.

4. Yoghurt

Yoghurt adalah probiotik yang membantu pencernaan dan meningkatkan kekebalan tubuh. Ini dapat membantu mengobati kasus pendarahan dubur ringan, karena yoghurt dapat menurunkan pendarahan gastrointestinal dari usus besar. Cobalah untuk memasukkan yoghurt dalam jumlah banyak ke dalam makanan kamu.

5. Lidah Buaya

Lidah buaya dapat membantu mengurangi rasa sakit, gatal, saraf radang, dan infeksi pada dubur. Gel lidah buaya dianggap sebagai pengobatan sementara terbaik untuk pendarahan dubur. Karena lidah buaya sendiri adalah pencahar alami yang dapat mengendurkan tinja dan meningkatkan pencernaan. Minum jus lidah buaya dalam jumlah yang cukup setiap hari. Kamu juga bisa mengekstrak gel lidah buaya dari daunnya dan mengoleskannya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini