Share

Simak! Ini 5 Makanan yang Mampu Tingkatkan Kolesterol Baik

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Sabtu 15 Januari 2022 18:08 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 15 298 2532603 simak-ini-5-makanan-yang-mampu-tingkatkan-kolesterol-baik-Ndb8LORJch.jpg Ilustrasi makanan sehat peningkat kolesterol baik. (Foto: Freepik)

DI dalam tubuh manusia terdapat zat bernama kolesterol. Ada dua jenis kolesterol yakni low-density lipoprotein (LDL) dan high-density lipoprotein (HDL). LDL sering disebut sebagai "kolesterol jahat" karena cenderung menumpuk di pembuluh darah.

Sementara HDL disebut "kolesterol baik" karena mereka mengambil kelebihan kolesterol di dalam darah, termasuk LDL, kemudian membawanya ke hati dan dipecah atau dikeluarkan.

Baca juga: Sebelum Dirawat di RS, Sastrawan Remy Sylado 3 Kali Kena Serangan Stroke 

Diketahui bahwa salah satu penyakit yang paling banyak diderita namun seringkali tidak disadari adalah kadar kolesterol tinggi. Pasalnya, kolesterol tinggi sama sekali tidak memiliki gejala hingga mengetahuinya melalui cek darah.

Kolesterol sendiri adalah zat seperti lemak yang berada di dalam darah dan dibutuhkan tubuh untuk membantu membuat hormon, menyintesis vitamin D, mencerna makanan, dan lainnya.

Dikarenakan tekstur kolesterol seperti lemak dan lilin, maka terlalu banyak kolesterol dalam darah dapat menyebabkan pembentukan plak dan penyempitan pembuluh darah yang bisa menyebabkan penyakit jantung.

Nah, berikut ini beberapa makanan yang dapat meningkatkan kadar kolesterol baik di dalam tubuh, seperti dirangkum dari laman Eatingwell, Sabtu (15/1/2022).

Baca juga: Resmi Menikah, Vidi Aldiano dan Sheila Dara Serasi Gunakan Pakaian Adat Sunda 

1. Ikan salmon

Selain rasanya yang lezat, daging ikan salmon juga kaya akan asam lemak omega-3 yang menyehatkan jantung. Asam lemak omega-3 membantu meningkatkan kolesterol HDL dalam darah yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Jika mengonsumsi ikan bukan pilihan Anda, ada banyak sumber vegan omega-3 juga seperti kenari, biji chia, dan minyak canola.

2. Minyak zaitun

Minyak zaitun penuh dengan senyawa anti-inflamasi, asam oleat, dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL dan menurunkan risiko penyakit jantung. Penelitian menunjukkan bahwa senyawa, elenolide, dalam minyak zaitun membantu mencegah tekanan darah tinggi dan menurunkan risiko penyakit jantung serta stroke.

Baca juga: Gempa Guncang Gedung-Gedung Tinggi, Ini Langkah Penyelamatan yang Harus Dilakukan 

3. Alpukat

Alpukat memiliki beberapa manfaat kesehatan jantung yang mengesankan. Alpukat mengandung lemak dan serat tak jenuh tunggal yang sehat. Kombinasi nutrisi ini memungkinkan alpukat membantu membersihkan kolesterol LDL sekaligus meningkatkan kadar kolesterol HDL.

4. Gandum utuh

Biji-bijian utuh telah menjadi makanan nomor satu untuk kesehatan jantung yang lebih baik. Mirip dengan kacang-kacangan dan polong-polongan, biji-bijian dikemas dengan serat larut dan vitamin. Ini membantu tubuh membersihkan kelebihan kolesterol LDL, dan meningkatkan rasio HDL terhadap kolesterol LDL.

Baca juga: 7 Cara Mudah Buat Rambut Bayi Lebat dan Sehat, Bunda Wajib Tahu 

5. Kacang-kacangan

Salah satu bahan penting yang dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL adalah mendapatkan cukup serat larut. Serat larut dapat membantu memblokir penyerapan kolesterol LDL yang mengarah ke rasio HDL terhadap kolesterol LDL yang lebih sehat.

Kacang-kacangan adalah sumber serat larut dan vitamin B yang sangat baik yang menjaga jantung kita berfungsi dengan baik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini