Cuka Apel Ampuh Turunkan Kolesterol, Benarkah?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Sabtu 15 Januari 2022 17:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 15 481 2532575 cuka-apel-ampuh-turunkan-kolesterol-benarkah-FL0HPQ4pG1.jpg Ilustrasi cuka apel. (Foto: Freepik)

CUKA apel sering digunakan sebagai obat alami yang digunakan untuk berbagai penyakit. Penelitian menunjukkan bahwa cairan asam ini memiliki efek antimikroba terhadap norovirus dan E. coli.

Kombinasi ragi dan bakteri yang terbentuk selama fermentasi cuka apel dikemas dengan probiotik. Tidak hanya itu, cuka apel juga disebut memiliki manfaat dalam menurunkan kadar kolesterol seseorang.

Baca juga: Ini Penyebab Infeksi Varian Omicron Timbulkan Sakit Kepala

Ilustrasi kolesterol tinggi. (Foto: Shutterstock)

Baca juga: 7 Cara Mudah Buat Rambut Bayi Lebat dan Sehat, Bunda Wajib Tahu 

Seperti dilaporkan laman Singlecare, dua penelitian kecil pada tahun 2018 dan 2012 menemukan mengonsumsi cuka apel dapat menurunkan kolesterol total, trigliserida, dan kolesterol LDL.

Salah satu penelitian pada hewan menggemakan temuan ini. Cuka apel memiliki sifat penurun kolesterol yang serupa pada tikus. Lalu efeknya bahkan tidak memakan waktu lama untuk diterapkan.

Sebagian besar penelitian dilakukan hanya dalam beberapa bulan. Sementara penelitian lebih lanjut diperlukan untuk melihat apakah hasil tersebut dapat digeneralisasikan untuk populasi yang lebih besar.

Baca juga: Gempa Guncang Gedung-Gedung Tinggi, Ini Langkah Penyelamatan yang Harus Dilakukan 

Baca juga: Fotonya Sampai Dibeli Chef Arnold, Begini Potret Ghozali Everyday Telanjang Dada 

Cuka apel mungkin menjadi pilihan pelengkap yang baik bagi seseorang yang ingin mengobati kolesterol tinggi. Namun, selain mengonsumsi cuka apel, seseorang juga tidak boleh lupa mengonsumsi obat statin yang telah ditentukan.

Ada baiknya untuk selalu berkonsultasi kepada penyedia layanan kesehatan pribadi tentang pengobatan terbaik, dan apakah mengonsumsi cuka apel tepat untuk Anda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini