Share

7 Cara Mudah Buat Rambut Bayi Lebat dan Sehat, Bunda Wajib Tahu

Kevi Laras, MNC Portal · Sabtu 15 Januari 2022 08:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 15 612 2532558 7-cara-mudah-buat-rambut-bayi-lebat-dan-sehat-bunda-wajib-tahu-kJ7mdN5Ttp.jpg Ilustrasi cara buat rambut bayi lebat dan sehat. (Foto: Freepik)

RAMBUT bayi yang lebat dan sehat adalah idaman setiap bunda. Ternyata ada cara untuk bisa mendapat kondisi tersebut. Tapi tentunya harus dipahami dulu apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan sehingga tidak merusak kepala atau rambut bayi.

Rambut bayi yang baru lahir akan memasuki siklus pertumbuhan baru. Ketika ini terjadi, rambut bayi mungkin rontok. Bayi kemudian tetap botak sampai rambut barunya tumbuh.

Nah, berikut ini cara mudah merawat rambut bayi supaya tetap lebat dan sehat, mudah dilakukan di dumah, sebagaimana dirangkum dari laman Healthline dan Firstcry, Sabtu (15/1/2022).

Baca juga: Heboh, Ibu 24 Tahun Punya 21 Bayi dengan 16 Pengasuh 

1. Oleskan minyak kelapa

Kandungan minyak kelapa kaya akan vitamin E alami merupakan nutrisi dengan sifat antioksidan. Bukan hanya bermanfaat bagi kulit tapi juga dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dengan meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala.

Minyak kelapa juga menambah kilau pada rambut dan dapat mencegah kerontokan rambut. Gunakan minyak kelapa organik atau extra-virgin, artinya belum diproses. Oleskan sedikit ke kulit kepala bayi dan biarkan minyak meresap selama sekitar 20 menit. Bilas kulit kepala mereka dengan air hangat.

2. Pijat kulit kepala

Menyisir, menyikat, atau memijat kulit kepala bayi dengan lembut juga dapat merangsang pertumbuhan rambut. Sebab perawatan seperti ini dapat melonggarkan cradle cap dan menghilangkan kulit kering.

Setelah mengoleskan minyak, pijat lembut kulit kepala bayi dengan jari-jari Anda selama beberapa menit. Bonus kalau anak anda tertidur karena menikmati pijatan.

Baca juga: Ini Penyebab Infeksi Varian Omicron Timbulkan Sakit Kepala 

3. Gunakan handuk yang lembut

Ketika mengeringkan rambut bayi setelah keramas dan menggunakan kondisioner, lakukan selembut mungkin. Pakai handuk lembut untuk mengeringkan rambut dengan ringan. Sebab, handuk keras atau kasar berpotensi merusak folikel rambut muda dan memperlambat pertumbuhan rambut.

Baca Juga: Masyarakat Depok Terbantu BLT BBM

4. Beri makanan sehat

Bagi orangtua perlu menjaga asupan makanan anak sejak dalam kandungan, mempertahankan pola makan yang sehat tentu membuahkan hasil yang baik. Diet yang sehat dan seimbang sangat penting untuk membantu bayi menumbuhkan rambut yang lebih tebal dan lebih penuh.

Jika bayi berusia minimal 6 bulan dan makan makanan padat, beri mereka makanan yang kaya zat besi, vitamin A, vitamin B, Vitamin D, seng, dan protein. Misalnya, makanan vitamin A yang ramah bayi meliputi labu mentega, labu, wortel, buah mangga. Makanan yang kaya vitamin B antara lain kacang polong, daging, telur, biji-bijian utuh, dan kentang.

Baca juga: Fotonya Sampai Dibeli Chef Arnold, Begini Potret Ghozali Everyday Telanjang Dada 

5. Hindari mengikat rambut

Jika bayi memiliki beberapa helai rambut yang tersisa, biasanya mungkin tergoda untuk menariknya kembali menjadi kuncir kuda kecil atau menggunakan jepit rambut. Tetapi mengikat rambut bayi terlalu ketat dapat merusak folikel rambut mereka dan menyebabkan kerontokan rambut.

6. Keramas secara teratur

Umumnya orangtua awal punya bayi gugup untuk mencuci rambut bayi tetapi keramas secara teratur menjaga kulit kepala mereka tetap bersih dan juga mengendurkan cradle cap (ketombe).

Setelah bayi keluar dari fase bayi baru lahir (di mana hanya perlu memandikannya sekitar sekali seminggu), cuci rambutnya setiap 2 atau 3 hari. Pastikan menggunakan air hangat dan sampo bayi yang lembut.

Baca juga: Bukan Hanya Nikmat Diminum, Kopi Juga Punya Manfaat untuk Kecantikan Lho! 

7. Pakai kondisioner rambut

Dengan cara yang sama menerapkan kondisioner rambut ke rambut anak atau bayi setelah keramas, juga bisa dilakukan. Kondisioner rambut sangat penting jika bayi memiliki rambut bertekstur atau keriting, yang rentan terhadap kekeringan. Oleskan kondisioner setelah keramas, lalu bilas produk dari rambut bayi dengan air hangat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini