Share

Dilakukan Ashanty Atasi Insomnia, Ini Manfaat Lain Meditasi

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Senin 17 Januari 2022 07:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 16 481 2532956 dilakukan-ashanty-atasi-insomnia-ini-manfaat-lain-meditasi-drzj9M6mO0.jpg Ashanty (Foto : Instagram/@ashanty_ash)

ASHANTY mengalami insomnia atau gangguan sulit tidur selama karantina sepulang dari Turki. Bahkan, dia hampir tak pernah tidur setiap malamnya meski sudah minum obat tidur dari rumah sakit.

Padahal, istri Anang Hermansyah itu sudah berusaha melakukan banyak hal agar cepat mengantuk. Dia pun merasa heran mengapa insomnianya kembali kambuh semenjak karantina.

"Bunda udah hari kedelapan di sini nggak pernah tidur tiap malem, aneh nggak. Padahal udah dikasih obat tidur," kata Ashanty kepada Azriel Hermansyah dalam kanal YouTube The Hermansyah A6, dikutip MNC Portal Indonesia pada Senin (17/1/2022).

Ashanty

Akhirnya, Ashanty pun memutuskan untuk melakukan meditasi sehabis ibadah agar pikirannya tenang dan bisa tidur dengan nyenyak. Dia juga sering menyalakan lagu instrumental sebagai penenang sebelum tidurnya.

"Bunda lagi belajar meditasi, jadi habis sholat Isya bikin lebih tenang gitu loh Iel karena memang bunda pada dasarnya ada insomnia gitu kan," tutur Ashanty.

Baca Juga : Pasien Omicron Cukup Isolasi Mandiri, Ashanty: Alhamdulillah, Lega

Ashanty melakukan meditasinya selama 15 menit setelah sholat Isya. Dia akan mengatur napasnya dengan sebaik mungkin agar bisa rileks sebelum tidur. Ini rupanya cukup menenangkan pikiran Ashanty.

"Meditasinya bener-bener kayak abis Sholat Isya, 15 menit sambil atur napas kayak gitu," lanjutnya.

Baca Juga : Jakarta Diguncang Gempa, Ashanty: Kencang dan Lama Ya Allah!

Selain mengatasi insomnia seperti yang dialami Ashanty, meditasi juga memiliki manfaat lain. Berikut manfaat meditasi seperti yang dikutip dari Timesofindia, Senin (17/1/2022).

Mengatur irama mood Anda

Tanpa sadar kejadian di lingkungan sekitar dapat memberikan dampak negatif bagi mood Anda. Menurut Frontiers in Human Neuroscience dalam jurnalnya, perubahan mood yang berasal dari kejadian sekitar disebabkan oleh gelombang alfa kortikal, yang berperan sebagai pengarah tubuh dan pikiran. Melalui meditasi, pengendalian emosi pada diri akan lebih tertata dengan baik.

Turunkan tekanan darah

Meditasi berfungsi menurunkan tekanan darah dan meningkatkan sistem imun. Menurut survei Consumer Report and the American Psychological Association, meditasi juga dapat menurunkan berat badan.

Kurangi stres

Menjadikan meditasi sebagai rutinitas hari Anda akan berguna mengurangi stres. Meditasi mampu melatih teknik pernapasan dan konsentrasi pada sensasi tubuh.

Meningkatkan daya ingat

Dari hasil penelitian Universitas California, menunjukkan bahwa meditasi mampu meningkatkan daya ingat, sehingga memberikan pencapaian lebih baik

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini