Share

Mulai Vaksinasi Booster, Kemenkes Pastikan Jumlah Stok Vaksin Covid-19 Aman

Siska Permata Sari, Jurnalis · Minggu 16 Januari 2022 15:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 16 481 2532962 mulai-vaksinasi-booster-kemenkes-pastikan-jumlah-stok-vaksin-covid-19-aman-JJpfRQa2mA.jpg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

PEMERINTAH mulai memberikan vaksin booster atau vaksin Covid-19 dosis ke-3 secara gratis untuk masyarakat umum. Penyuntikan vaksin booster kepada masyarakat tersebut telah dimulai sejak 12 Januari 2022.

Mulai memberikan booster kepada masyarakat, Kementerian Kesehatan RI memastikan bahwa jumlah dosis vaksin cukup, baik itu untuk vaksin primer (suntikan dosis pertama dan kedua), maupun booster (suntikan dosis ketiga).

Hal tersebut dipaparkan Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi dalam Webinar Indonesian Congress Symposium on Combating COVID-19 Pandemic without Boundaries. Acara ini dihelat secara virtual pada Minggu (16/1/2022).

“Sampai saat ini, total vaksin yang sudah kami terima sebanyak 439.394.000. Artinya, kita cukup memiliki stok dalam pelaksanaan vaksinasi primer maupun vaksinasi dosis lanjutan,” kata Siti Nadia Tarmizi dikutip dari acara webinar tersebut, Minggu.

Baca Juga : Lebih dari 1 Juta Orang Indonesia Sudah Dapat Vaksin Booster, Prokes 5M Jangan Kendur!

Baca Juga : Jika Sudah Terdaftar di PeduliLindungi, Masyarakat Diimbau Segera Suntik Vaksin Booster

Lebih lanjut, Siti Nadia menerangkan bahwa lebih dari 40 persen masyarakat Indonesia sudah divaksinasi hingga dosis kedua. Hal ini sesuai dengan target yang diberikan oleh World Health Organization (WHO).

“Saat ini tentunya target WHO minimal 40 persen masyarakat mendapatkan (vaksin) dosis kedua sudah terpenuhi. Bahkan kita termasuk ke dalam 5 negara yang sudah menyuntikkan dalam hal jumlah dosis terbanyak maupun dalam hal jumlah dosis satu yang disuntikkan kepada masyarakat,” jelasnya.

Dia menyebutkan data cakupan vaksinasi nasional terkini, bahwa 174 juta orang telah mendapatkan vaksinasi Covid-19 dosis pertama dan 119 juta orang telah mendapatkan dosis kedua.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini