Share

Antisipasi Lonjakan Kasus, Indonesia Andalkan 400 Ribu Tablet Obat Covid-19 Paxlovid

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Minggu 16 Januari 2022 19:15 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 16 481 2533056 antisipasi-lonjakan-kasus-indonesia-andalkan-400-ribu-tablet-obat-covid-19-paxlovid-3tjw4WBtnm.jpg Ilustrasi (Foto : Livescience)

KASUS Covid-19 di Indonesia terus mengalami peningkatan setiap harinya. Indonesia harus bersiap mengalami kemungkinan terburuk gelombang Covid-19 untuk ketiga kalinya. Alhasil pemerintah telah melakukan beberapa upaya untuk mempersiapkan kondisi tersebut.

Dalam Keterangan Pers Menteri Terkait Hasil Ratas Evaluasi PPKM, Minggu (16/1/2022), Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin mengatakan pemerintah pemerintah sudah mempersiapkan obat-obatan untuk pengobatan Covid-19 bernama Paxlovid sebanyak 400 ribu tablet.

Obat Covid-19

"Obatnya sudah datang dan kami sudah lihat. Rencananya juga akan diproduksi di Indonesia pada Maret - April. Kita sudah dalam proses mendatangkan lagi Paxlovid yang merupakan antivirus dari Pfizer yang mudah-mudahan bisa datang di Februari," tutur Menkes.

Baca Juga : Indonesia Butuh Molnupiravir Guna Tangani Covid-19

Dengan didatangkannnya obat-obatan tersebut, diharapkan Indonesia bisa siap apabila sewaktu-waktu terjadi lobjakan kasus di Tanah Air. Kabar baiknya, nantinya obat-obatan untuk Covid-19 tersebut akan tersedia secara umum dan bisa dibeli tergantung dengan jenisnya.

Baca Juga : Korea Selatan Keluarkan Izin Darurat Penggunaan Obat Covid-19, Paxlovid

Hal tersebut sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang meminta obat-obatan ini bukan hanya tersedia di Puskesmas atau rumah sakit pemerintah tapi juga tersedia di apotek-apotek.

"Memang sesuai dengan jenis obatnya. Mana yang bisa dibeli umum, dan obat yang harus mendapatkan resep dokter, serta obat mana yang hanya bisa diberikan melalui peralatan rumah sakit," tuntasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini