Share

90 Persen Transmisi Lokal Omicron Terjadi di Jakarta, Vaksinasi Booster di Jabodetabek Dipercepat

Siska Permata Sari, Jurnalis · Senin 17 Januari 2022 05:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 16 481 2533073 90-persen-transmisi-lokal-omicron-terjadi-di-jakarta-vaksinasi-booster-di-jabodetabek-dipercepat-y8NXr9v6Rj.jpg Ilustrasi (Foto : Livescience)

MENTERI Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin mengatakan, 90 persen transmisi lokal varian omicron terjadi di Jakarta. Terkait dengan hal ini, maka dia mengatakan bahwa pelaksanaan vaksinasi booster di kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) akan dipercepat.

“Kami sampaikan bahwa sebagian besar lebih dari 90 persen memang transmisi lokal terjadi di DKI Jakarta,” kata Menkes Budi Gunadi seperti dikutip dari konferensi pers virtual, Minggu (16/1/2022).

Vaksin Booster

Demi mempersiapkan hal itu, maka dia merencanakan untuk mempercepat pelaksanaan vaksin booster atau suntikan dosis ketiga bagi warga Jabodetabek. “Semua rakyat Jakarta dan Jabodetabek akan dipercepat vaksin booster-nya agar mereka siap kalau nanti gelombang omicron naik secara cepat dan tinggi,” ujarnya.

Baca Juga : Dominasi Transmisi Lokal, Menkes: Siapkan Jakarta Jadi Medan Perang Lawan Omicron

Selain pelaksanaan vaksin booster, berbagai upaya lainnya juga terus dilakukan untuk menangani gelombang omicron. Terlebih saat ini sudah lebih dari 500 orang yang terinfeksi omicron di Indonesia.

“Beberapa hal yang menjadi arahan presiden adalah tidak usah panik tapi hati-hati dan waspada. Protokol kesehatan harus ditingkatkan dan penggunaan PeduliLindungi juga harus diperketat," tambah dia.

Baca Juga : Antisipasi Lonjakan Kasus, Indonesia Andalkan 400 Ribu Tablet Obat Covid-19 Paxlovid

Selain itu, sambung dia, testing, tracing, dan isolasi terpusat juga harus kembali ditingkatkan. “Masyarakat dianjurkan untuk tidak berkerumun dan tidak melakukan mobilitas yang terlampau banyak untuk mencegah bertambahnya kasus transmisi lokal,” tukasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini