Share

Cedera Kepala Resiko Tertinggi Penyebab Kematian

Tim Okezone, Jurnalis · Senin 17 Januari 2022 11:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 17 481 2533272 cedera-kepala-resiko-tertinggi-penyebab-kematian-IUG8YVHaSj.jpg Cedera Kepala (Foto: Healthline)

MASYARAKAT terutama yang sering pergi bekerja dengan kendaraan perlu diberi edukasi kesehatan dan praktek penanganan pertolongan pertama pada kecelakaan lalu lintas (Lakalantas). Apalagi risiko lakalantas bukan hanya cedera saja, bahkan hingga kematian.

dr. Hantonius Sp.OT Dokter Spesialis Ortopedi Siloam Hospitals Jember mengatakan, sebanyak 80% kegagalan penanganan pada kecelakaan akibat lalai, dan terlalu lama dibawa ke rumah sakit.

 operasi

"Banyak orang karena takut salah jadi tidak berani menolong korban, karena belum paham bagaimana tindakan P3K yang harus dilakukan, akhirnya hanya bisa menonton atau bahkan membiarkan pergi," ujar Dokter Hantonius.

Sementara itu dr. Fatkhul Adhiatmadja Sp.BS, Dokter Spesialis Bedah Saraf menjelaskan, cedera pada kepala merupakan penyebab kematian tertinggi karena terjadi peningkatan tekanan di kepala akibat benturan dan atau pembengkakan.

"Hal ini diakibatkan karena kepala adalah bagian yang memiliki sangat banyak syaraf," ungkap Dokter Fatkhul.

 Baca juga: Ini Penyebab Infeksi Varian Omicron Timbulkan Sakit Kepala

Oleh karena itu, jika terjadi kecelakaan lalu lintas yang sampai ada cedera kepala sebaiknya segera dibawa ke rumah sakit. Ini dilakukan untuk menyelamatkan nyawa korban.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini